Debat Ma'ruf Amin v Sandiaga Diprediksi Membosankan, Ini Alasannya Sandiaga Uno v Ma'ruf Amin. Foto: Ist

MerahPutih.com - Pengamat politik Jeirry Sumampouw memprediksi debat cawapres antara Ma'ruf Amin dengan Sandiaga Uno diprediksi membosankan. Pasalnya, keduanya tak akan saling menyerang.

Menurut Jeirry, gagasan antara keduanya di bidang kesehatan, ketenagakerjaan hingga sosial budaya tak akan jauh berbeda.

Cawapres nomor urut 02, Sandiaga Uno. Foto: Tim Media Prabowo-Sandiaga

"Kalaupun berbeda, menurut saya kemampuan untuk menyerang gagasan itu tak terlalu kuat diantara mereka berdua. Sehinga prediksi saya debat akan cenderung monoton dan hanya mengulang hal yanh mungkin terjadi," jelas Jeirry kepada Merahputih.com di Jakarta, Jumat (15/3).

Kemudian, dari sisi karakter Ma'ruf Amin adalah ulama sepuh dan tak terlalu agresif melakukan serangan gencar.

"Sementara Sandi sendiri saya rasa juga akan sungkan melakukan serangan terhadap kyai Ma'ruf Amin sebagai tokoh yang senior," jelas Koordinator Komite Pemilih Indonesia ini.

"Sehingga, suasana psikologia semacam ini akan membuat debat jadi datar aja," papar Jeirry.

Dari sisi gagasan tak ada yang istimewa yang bakal ditawarkan. "Jadi saya pesimis debat itu akan menarik," ungkap Jeirry.

Yang bisa membuat debatemungkinan menarik adalah jika ada hal-hal remeh temeh.

"Seperti salah ngomong, saling ledek satu dengan yang lain. Mungkin itu aja yang akan membuat menarik," ucap Jeirry.

Cawapres nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin. Foto: ANTARA

Debat ketiga Pilpres akan berlangsung di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3) dengan tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan budaya. Moderator dalam debat ketiga adalah Alfito Deannova dan Putri Ayuningtyas. (Knu)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH