Debat Kelima Capres-Cawapres, KPU Tak Akan Undang Para Menteri Kedua pasangan kandidat tampil dengan gaya busana masing-masing. (foto: tangkapan layar Net TV)

MerahPutih.Com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) hari ini menggelar debat terakhir capres-cawapres untuk Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, pukul 20.00 WIB.

Debat kelima ini mempertemukan pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin dengan Prabowo-Sandiaga Uno. Nantinya tema yang ditentukan yakni ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi, serta perdagangan dan industri.

Secara jumlah, segmen debat yang dimoderatori Balques Manisang dan Tommy Ristanto ini tak berbeda dari debat keempat antar calon presiden pada 30 Maret lalu.

"Tentu karena ini debat terakhir, KPU sudah menyelenggarakan empat kali, kebetulan tempatnya juga sama di Hotel Sultan untuk yang ketiga kali, jadi lebih siap. Lebih mematangkan karena calon presiden dan calon wakil presiden sama sama kembali," ujar Komisioner KPU Viryan Aziz, Sabtu (15/4).

Komisioner KPU Viryan Azis
Komisioner KPU Viryan Aziz. (MP/Asropih)

Untuk segmen awal, para calon bakal memaparkan visi-misi mereka masing-masing selama empat menit. Kemudian segmen kedua dan ketiga, diisi oleh pertanyaan yang telah disusun oleh tim panelis dan dibacakan oleh moderator.

Sementara segmen keempat dan kelima sisi oleh debat yang pertanyaannya ditanyakan oleh masing-masing kandidat. Lanjut, segmen keenam atau terakhir, kedua capres memberikan pernyataan penutup yang bersifat membangun.

Viryan menyampaikan pada debat pemuncak nanti kedua paslon hanya dibekali kursi dan sebuah meja kecil di sebelah tempat duduk.

Debat kelima ini diselenggarakan oleh TvOne, ANTV, Berita Satu TV, dan Net TV ini sama seperti debat keempat, yakni tak lagi menggunakan podium.

KPU membebaskan para peserta debat untuk mengunakan penyediaan sebuah kursi dan meja kecil di atas panggung itu untuk duduk dan menaruh catatan, ataupun tidak sama sekali.

Pada jumlah audiens, KPU kembali menambah jatah tamu undangan TKN Jokowi-Ma'ruf dan BPN Prabowo-Sandi dalam debat kelima pasangan calon presiden dan wakil presiden 2019.

Meski menambah undangan TKN-BPN, namun jumlah secara keseluruhan tidak bertambah. Hal tersebut karena KPU mengurangi jatah undangan khusus lembaga penyelenggara pemilu tersebut. Keseluruhan tamu undangan berjumlah 500 orang. Undangan akan terbagi untuk TKN 01 150 orang, BPN 02 150 orang, dan undangan KPU 200. Jadi, total 500 orang.

"Undangan untuk paslon memang ditambah 150, namun dengan pengaturan yang lebih baik lagi. Karena ini debat terakhir. debat pamungkas mudah-mudahan suasananya riang gembira," ungkap Viryan.

Viryan juga memastikan untuk debat ini pihaknya tak mengundang para menteri. Tetapi bukan berarti para menteri tak boleh hadir. Para menteri boleh saja hadir apabila diundang oleh TKN atau BPN.(Asp)

Kredit : asropih


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH