Debat Capres Ketiga, BPN Minta KPU Tak Undang Menteri Jokowi Pasangan capres dan cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga. Foto:KPU/Ist

MerahPutih.com - Debat Capres Ketiga tinggal menghitung hari. Beragam keperluan sudah dipersiapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) demi kelancaran acara.

Salah satu yang sedang dipersiapkan adalah para peserta undangan debat. Komisioner KPU, Wahyu Setiawan mengatakan pihaknya akan mengundang sejumlah tokoh besar Indonesia.

"Nama besar yang akan diundang menyaksikan debat di antaranya, Habibie, Mega, SBY, Boediono, Hamza Haz, hingga Jusuf Kalla," katanya di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Kamis (14/3).

Komisioner KPU Wahyu Setiawan (Foto: kpu.go.id)
Komisioner KPU Wahyu Setiawan (Foto: kpu.go.id)

Wahyu melanjutkan, di antara nama tokoh yang diundang belum ada nama menteri masuk. Hal tersebut dikarenakan mendapat masukan dari kubu Prabowo-Sandi.

"Yang tadi disampaikan gitu. Dalam rapat ada masukan dari BPN agar para menteri kabinet sebagai pembantu Presiden itu tidak diundang dalam debat," paparnya.

Pendapat dari BPN tersebut, kata Wahyu, sedang dipertimbangkan dan akan diputuskan pada rapat berikutnya.

Mengenai prosesi debat yang akan diselenggarakan pada 17 Maret ini, para cawapres tetap akan diberikan kesempatan untuk berdebat secara eksploratif. Kesempatan ini akan diberikan dalam dua segmen.

Segmen pertama merupakan pemaparan visi dan misi. "Kemudian sesi kedua dan ketiga adalah pendalaman visi dan misi dalam bentuk pertanyaan. Pertanyaan untuk dua sesi ini dibuat oleh panelis," ujar Wahyu.

Setelah tiga sesi di atas selesai, masuk ke sesi empat dan lima dimana para cawapres akan saling bertanya. Dan terakhir, segmen enam yang merupakan pernyataan penutup (closing statement) dari masing-masing kandidat cawapres.

Wahyu menambahkan, seluruh pertanyaan untuk debat ketiga nanti akan disampaikan secara lisan dalam bentuk narasi. "Jadi tidak ada pertanyaan dalam bentuk video," katanya. (Knu)

Baca Juga: Dihadiri Jokowi dan Prabowo, Pengamanan Debat Cawapres Bakal Ketat



Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH