Daun Mangga Ternyata Punya Banyak Manfaat. Apa Saja Itu? Mangga (Sumber: Pixabay/sarangib)

Mangga adalah buah tropis yang banyak disukai. Selain rasanya, mangga memiliki banyak manfaat terutama bagi kesehatan. Buah ini kaya akan vitamin dan mineral sehingga menangkal berbagai penyakit seperti kanker, kolesterol dan anemia.

Tapi siapa yang sangka manfaat kesehatan bukan hanya dimiliki oleh buahnya saja. daunnya juga memiliki sifat penyembuhan dan obat. Di beberapa negara daun mangga sering dijadikan obat tradisional.

Hal itu lantaran daun mangga memiliki kandungan itamin A, vitamin B, vitamin C dan antioksidan termasuk fenol serta flavonoid. Dilansir dari Boldsky, berikut ini manfaat daun mangga bagi kesehatan.

1. Mengontrol diabetes tipe 2

Diabetes (Sumber: Pixabay/Tumisu)
Diabetes (Sumber: Pixabay/Tumisu)

Kandungan tannin dan anthocyanin di dalam daun mangga sangat berguna dalam pengobatan diabetes tahap awal. Keduanya juga sangat berguna dalam mengatasi masalah diabetes angiopathy dan diabetes retinopathy. Di Afrika, pengobatan diabetes menggunakan daun mangga cukup dikenal.

2. Meningkatkan fungki kognitif

Diabetes tipe 2 meningkatkan faktor risiko penyakit Alzheimer dan demensia vaskular. Nah, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Brain Pathology, ekstrak daun mangga meningkatkan patologi sentral dan mencegah gangguan kognitif pada penderita diabetes tipe 2.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi (Sumber: Pixabay/Myriams-Fotos)
Tekanan darah tinggi (Sumber: Pixabay/Myriams-Fotos)

Berdasarkan penelitian di Journal of Hospital Medicine Mesir, daun mangga dapat menurunkan tekanan darah tinggi karena sifat hipotensi. Selain itu mengonsumsi daun mangga membantu memperkuat pembuluh darah dan mengobati varises.

4. Mengobati asma

Mengobati asma (Sumber: Pixabay/mohamed_hassan)
Mengobati asma (Sumber: Pixabay/mohamed_hassan)

Masalah pernapasan termasuk asma dapat diobati dengan bantuan daun mangga. Orang yang menderita bronkitis, asma, dan pilek dapat meminum rebusan daun mangga dengan sedikit campuran madu.

5. Menyembuhkan disentri

Menyembuhkan disentri (Sumber: Pixabay/silviarita)
Menyembuhkan disentri (Sumber: Pixabay/silviarita)

Sifat antibakteri dan antimikroba dari daun mangga efektif melawan bakteri Staphylococcus aureus dan Salmonella typhimurium. Keduanya merupakan penyebab utama infeksi bakteri pada manusia.

6. Meningkatkan kesehatan perut

Sakit perut (Sumber: Pixabay/derneuemann)
Sakit perut (Sumber: Pixabay/derneuemann)

Daun mangga memiliki sifat gastroprotektif yang melindungi perut kamu dari berbagai penyakit lambung. Kamu hanya perlu menambahkan beberapa daun mangga ke air hangat dan biarkan semalaman. Saring airnya dan minum setiap pagi.



Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH