Daun Kemangi Bukan Hanya Untuk Lalap, Bisa Lambatkan Penuaan Daun kemangi memberikan manfaat besar bagi kesehatan. (Foto: makingmotherhoodmatter)

KALAU makan nasi uduk pasti daum keamnggi disajikan sebagai lalapan bersama kol dan mentimun. Buat yang suka dengan sayuran, daun kemangi sangat disukai. Rasanya segar dan wangi ketika dikunyah. Makan menjadi lebih lahap.

Daun kemangi sangat populer di Indonesia. Selain dijadikan lalapan, daun kemangi juga dijadikan bumbu dapur sebagai penyedap masakan.

Tahukah kamu kalau daun kemangi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan? Menurut laman Go-Dok manfaat daun kemangi itu untuk kecantikan, pencernaan, kanker hingga kesehatan gigi dan tulang.


Antiperadangan

Manfaat daun kemangi untuk kesehatan adalah efek anti-peradangan yang dimilikinya. Hal ini dapat membantu kamu terhindar dan sembuh dari berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan peradangan. Seperti sakit tenggorokan, demam, ruam, flu, pilek, dan batuk. Zat anti radang yang terkandung dalam kemangi berguna dalam meredakan nyeri atau rasa sakit yang bersifat ringan. Hebat, ya?

kemangi
Lalapan daun kemangi. (Foto: trackpacking)


Kanker

Serius, daun kemangi memiliki kekuatan melawan sel-sel kanker? Ini karena daun kemangi memiliki kandungan phytochemicals, seperti eugenol, apinegin, luteolin, myretebal, rosmarinic acid, carnosic acid, dan sitosterol yang mampu mencegah beberapa jenis penyakit kanker.

Jenis-jenis kanker yang mampu dilawan adalah kanker kulit, kanker mulut, kanker hati, dan kanker paru-paru. Kemangi dapat meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh. Tentunya dengan begitu dapat memicu kematian sel-sel kanker, serta memperlambat pemecahan sel-sel tubuh.

Sayangnya daun kemangi tidak disarankan sebagai pengobatan kanker yang utama. Daun ini hanya disarankan sebagai pengobatan pendamping guna mengontrol gejala kanker yang muncul.

Penuaan


Diam-diam manfaat daun kemangi sungguh luar biasa. Manfaat berikutnya adalah memperpanjang usia sekaligus memperlambat proses penuaan tubuh. Berdasarkan hasil studi yang dipresentasikan pada British Pharmaceutical Conference di kota Manchester, daun kemangi memiliki khasiat yang mampu mencegah efek berbahaya dari penuaan.

Daun kemangi yang dibuatkan ekstrak itu dapat mecegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dalam hati, otak, dan jantung kamu. Namun yang disebut menunda penuaan bukan berarti tidak memunculkan faktor fisik yang tua. Hanya saja dampak dari penuaan tersebut yang dikurangi selama kamu mengonsumsi daun kemangi.

kemangi
Daun kemangi bisa melawan sel-sel kanker. (Foto: Just Try & Taste)


Pembengkakan dan Peradangan


Daun kemangi memiliki manfaat mengurangi risiko peradangan dan pembengkakan pada bagian tubuh manapun. Dalam pertemuan Royal Pharmaceutical Society diungkapkan bahwa ekstrak daun kemangi mengurangi pembengkakan hingga 73% setelah penggunaan pertama kali selama 24 jam.


Sakit Kepala


Daun kemangi yang memunculkan aroma wewangian itu ternyata dapat menenangkan syaraf-syaraf di dalam otak. Bahkan dapat mengurangi dorongan pembuluh darah di dalam otak. Jika kamu menderita sakit kepala, ada baiknya Anda menghirup wewangian daun kemangi hingga stres dan rasa sakitnya berkurang.

kemangi
Estrak daun kemangi mampu mengurangi pembengkakan. (Foto: dherdian)


Diare


Manfaat lainnya daun kemangi adalah mampu mencegah terjadinya diare. Daun kemangi disinyalir memiliki efek anti-bakteri oleh berbagai studi. Kandungan komponen phytochemical dipercaya dapat melawan infeksi dari bakteri Staphylococcus aureus yang menjadi penyebab utama dari diare. Menambahkan daun kemangi sebagai pelengkap pada makanan dapat menghindarkan kamu dari penyakit pencernaan itu.


Tulang dan Gigi


Vitamin yang ada dalam daun kemangi adalah vitamin K. Mengonsumsi daun kemangi memiliki efek menyehatkan serta menguatkan bagi gigi dan tulang kamu. Bahkan vitamin K di dalam daun kemangi dapat menyerap kalsium dan mencegah tulang kehilangan massa yang ideal. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH