Kesehatan

Daun Insulin Halau Gula

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 07 November 2018
Daun Insulin Halau Gula
Daun insulin menjadi pengobatan alternatif bagi penderita diabetes. (Foto: instagram@pandanwangi_homemade)

DATA dari World Health Organization (WHO) bahwa ada sekitar 422 juta penduduk dunia, positif menderita diabetes. Tercatat 1,6 juta orang meninggal setiap tahunnya disebabkan oleh diabetes. Bahkan 1 diantara 3 orang berumur di atas 18 tahun kelebihan berat.

Ini yang kemudian mendorong para pakar berusaha menemukan berbagai penyembuhannya. Menurut laman Go Dok pada tahun 2010 para ilmuwan di National Institute of Health menemukan sebuah tanaman yang bermanfaat menurunkan kadar gula pada penderita diabetes. Tanaman ini bernama daun insulin.

Bagi sebagian besar orang mungkin masih asing mendengar nama tanaman tersebut. Namun sesuai dengan namanya, manfaat daun insulin membantu dalam pengobatan penyakit diabetes.

gula
Diabetes menjangkiti lebih dari 400 juta orang. (Foto: Pixabay/feelphotoz)

Daun insulin (costus igneus) berasal dari India dan masih satu famili dengan jenis tanaman costaceae. Kandungan fruktosa yang ada pada daun insulin dapat membantu menurunkan kadar glukosa dalam darah dan hal ini telah dibuktikan oleh para ilmuwan yang terus mengembangkan manfaat daun insulin ini.

Mengonsumsi daun insulin secara teratur dapat mencegah komplikasi kesehatan di kemudian hari yang diakibatkan oleh penyakit diabetes. Adapun cara konsumsi daun insulin untuk membantu mengobati diabetes adalah dengan merebus beberapa helai daun insulin ke dalam air selama 10 menit dan meminum air rebusan daun insulin tersebut 2 kali sehari secara teratur.

daun insulin
Daun insulin tidak mengakibatkan efek samping. (Foto: instagram@ersih_erlangga)

Tidak ada aturan dosis tertentu untuk mengonsumsi daun insulin, tergantung dengan kebutuhan. Namun dianjurkan sebaiknya diminum dua kali sehari, di pagi hari sekali dan di malam hari sekali sebelum tidur. Tidak ada efek samping apapun dari konsumsi daun insulin. Meskipun kamu megonsumsinya lebih dari dua kali sehari. Jika Anda bisa mengonsultasikannya langsung kepada dokter.

Nah, dibalik manfaat daun insulin untuk membantu mengobati penyakit diabetes, ternyata manfaat daun insulin sangatlah baik untuk kesehatan lainnya seperti, batu ginjal, tekanan darah tinggi, mencegah kanker, meningkatkan imun, menurunkan kadar kolestrol, membunuh bakteri, dan membantu mengobati asma. (*)

#Penyakit Diabetes
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan