Hobi
Daun Bahagia, Tanaman dalam Ruang dengan Perawatan Mudah Tanaman bahagia memiliki daun dalam berbagai kombinasi warna hijau, krem, dan putih. (iStock/Elena Gureva)

DAUN bahagia atau Dieffenbachia adalah salah satu tanaman hias dalam ruang yang paling mudah untuk tumbuh. Hal itu membuat tanaman ini menjadi salah satu yang paling mudah ditemukan. Tanaman hias ini populer karena variasi dedaunannya yang menarik, perawakannya yang mencolok, dan kemudahan perawatan. "Seperti banyak sepupu tanaman hiasnya, dieffenbachia adalah tanaman hias yang mudah dirawat dan mudah ditemukan," kata seorang ahli dari Plants.com.

"Namun mungkin alasan terbesar untuk popularitasnya ialah daunnya yang mencolok," ujarnya seperti diberitakan Real Simple. Tanaman tropis ini memiliki daun bulat telur runcing dalam berbagai kombinasi warna hijau, krem, dan putih. Genus dieffenbachia mencakup lebih dari 100 tanaman yang indah.

BACA JUGA:

Begonia Polkadot, Tanaman Hias Unik dengan Perawatan yang Mudah

Varietas Dieffenbachia

daun bahagia
Daun bahagia populer karena variasi dedaunannya menarik, besar, dan kemudahan perawatan. (shopify.com)

Meskipun ada banyak varietas dieffenbachia, hanya sedikit yang dijual secara komersial. Saat kamu membeli daun bahagia, biasanya salah satu dari tiga varietas berikut.

1) Dieffenbachia seguine adalah varietas paling populer yang dijual. Tanaman ini dapat tumbuh hingga 3 meter dan biasanya menampilkan kelompok daun bulat telur besar dengan margin hijau berbintik-bintik dengan warna kuning atau krem.

2) Dieffenbachia maculata memiliki daun elips-lonjong bernoda krim dan vena lateral utama.

3) Dieffenbachia amoena adalah varietas yang lebih besar yang memiliki ketinggian hingga hampir 2 meter dengan daun 50 sentimeter.

Ada juga banyak kultivar dieffenbachia atau varietas yang telah diproduksi dalam budi daya dengan pemuliaan selektif. Beberapa jenis dieffenbachia yang paling populer, antara lain Dieffenbachia camille (daun kuning gading bermata hijau tua), Dieffenbachia mary (sangat baik untuk pemula karena merupakan varietas yang tumbuh lebih cepat dengan daun hijau muda dengan corak dengan hijau tua dan krem), dan Dieffenbachia snow (varietas besar yang dapat tumbuh setinggi 3 meter dan memiliki daun hijau tua beraneka ragam dengan bintik-bintik hijau keperakan dan putih krem).

Perhatikan Daun dan Getahnya

daun bahagia
Umumnya daun bahagia dapat tumbuh maksimal dengan sinar tidak langsung yang banyak. (iStock/vaitekune)

Salah satu efek samping yang ditimbulkan tanaman ini ialah kehilangan kemampuan bicara jika tertelan. Jika tertelan, tanaman ini akan membuat tenggorok dan pita suara mati rasa, menyebabkan kelenjar air liur bengkak, atau kehilangan kemampuan bicara sampai racunnya hilang. Getahnya juga bisa mengiritasi kulit.

Untungnya, dieffenbachia tidak terlalu beracun bagi manusia. Namun, daun bahagia beracun bagi kucing dan anjing. Jika tertelan, efek samping yang paling umum adalah membuat iritasi mulut. Untuk berjaga-jaga, jauhkan dieffenbachia dari jangkauan anak kecil dan hewan.

Meski sedikit berbahaya, tanaman ini bisa jadi pilihan untuk kamu rawat. Berikut cara merewat daun bahagia.

daun bahagia
Bagi anjing atau kucing efek samping yang paling umum adalah membuat iritasi mulut. (meredithcorp.io)

1) Kebanyakan varietas dieffenbachia dapat tumbuh maksimal dengan sinar yang banyak dan tidak langsung. Karena dedaunan memiliki variegasi, tanaman ini perlu menerima cukup cahaya untuk mempertahankannya. Jika daun bahagia tetap berada di lingkungan dengan cahaya redup, daunnya akan kembali hijau tanpa corak.

2) Tanam daun bahagia dalam campuran tanah yang dikeringkan dengan baik. Tanaman hias ini menyukai tanah yang lembab secara konsisten tetapi tidak basah. Untuk menjaga tingkat kelembapan tanah dengan benar, periksa tanah untuk memastikannya kering satu inci ke bawah sebelum disiram.

3) Bri makan daun bahagia dengan pupuk tanaman hias serbaguna sekali per musim. Pemupukan mendorongnya untuk tumbuh lebih banyak dan lebih cepat.

4) "Kesalahan paling umum dengan dieffenbachia adalah tidak memberikan kelembaban yang cukup," kata para ahli di Plants.com. Kebanyakan tanaman hias tropis menyukai kelembapan, dan dieffenbachia tidak berbeda. "Jika udara terlalu kering, Anda akan melihat ujung atau tepi berwarna coklat pada daun," kata Plants.com. Kamu dapat meningkatkan kelembapan dengan menempatkan daun bahagia di kamar mandi yang cerah atau membuat pelembab udara mini dengan meletakkan pot di atas nampan atau piring yang diisi kerikil dan diisi dengan air. Air akan menguap untuk memberikan kelembaban yang cukup.(aru)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
MiTail, Ekor Pintar yang Bisa Digerakkan Lewat Ponsel
Fun
MiTail, Ekor Pintar yang Bisa Digerakkan Lewat Ponsel

Ekor pintar ini digunakan manusia.

'Shopaholic', Ayo Merapat di Harbolnas 2020
Fun
'Shopaholic', Ayo Merapat di Harbolnas 2020

Harbolnas 2020 telah tiba.

Proses di Balik Layar 'Harry Potter' dalam Set Box Berbentuk Hogwarts Express
Fun
Proses di Balik Layar 'Harry Potter' dalam Set Box Berbentuk Hogwarts Express

Koleksi terbaru ini yang pastinya akan jadi incaran para Potterhead.

Perusahaan Drone Tiongkok DJI Masuk Daftar Hitam AS
Fun
Perusahaan Drone Tiongkok DJI Masuk Daftar Hitam AS

Pemerintah AS mengatakan DJI masuk dalam daftar hitam karena melakukan pelanggaran HAM.

Menikah di Atas Flying Fox, Berani?
Travel
Menikah di Atas Flying Fox, Berani?

Perusahaan asal California meluncurkan paket pernikahan zip line edisi terbatas.

Buka saat Pandemi, Bioskop malah Sepi
Fun
Buka saat Pandemi, Bioskop malah Sepi

Ternyata, inilah alasannya.

Tim Honda Repsol Berharap Banyak pada Pol Espargaro
Fun
Tim Honda Repsol Berharap Banyak pada Pol Espargaro

Pol Espargaro meramaikan MotoGP 2021 dengan tim Honda Repsol.

Siapa Usmar Ismail, Pahlawan Nasional Berlatar Perfilman?
Indonesiaku
Siapa Usmar Ismail, Pahlawan Nasional Berlatar Perfilman?

Ia menjadi satu-satunya orang di perfilman Indonesia beroleh gelar Pahlawan Nasional

Pentingnya E-Commerce Enabler Meraih Penghargaan Ini
Fun
Pentingnya E-Commerce Enabler Meraih Penghargaan Ini

Mendapatkan penghargaan ini bukti perusahaan E-commerce Enabler sudah kompeten.

Anak dengan Bibir Sumbing Harus Dibantu
Fun
Anak dengan Bibir Sumbing Harus Dibantu

Setiap tiga menit seorang bayi terlahir dengan bibir sumbing.