Data Penerima Sembako di Jakarta Bakal Dipakai Pusat, Begini Tanggapan DPRD

Zulfikar SyZulfikar Sy - Kamis, 23 April 2020
Data Penerima Sembako di Jakarta Bakal Dipakai Pusat, Begini Tanggapan DPRD
Seorang warga menerima bansos tunai senilai Rp600 ribu dari Kementerian Sosial sebagai upaya mengatasi dampak COVID-19. ANTARA/HO-OHH PFM

MerahPutih.com - Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menyoroti Pemprov dalam pendistribusian bantuan sosial (bansos) ke warga selama PSBB. Ia meminta Pemda DKI itu memperbaiki data penerima bantuan tersebut.

"Nah di bansos ini saya minta Pemprov DKI memperbaiki data penerima," kata Prasetyo di Jakarta, Kamis (23/4).

Baca Juga:

Anies: Perekonomian DKI Mengalami Kontraksi 53 Persen

Dia mengatakan, penerima bantuan sembako ini harus tepat sasaran dan tidak boleh ada pihak yang menyalahgunakannya di tengah kesulitan akibat pandemi corna.

Politikus PDI Perjuangan ini mengaku menerima aduan dari warga terkait penerimaan subsidi itu. Ia mendesak Pemda DKI untuk mengevaluasi data penyalurannya.

"Ini penting karena saya mendapat banyak laporan warga yang disebut miskin dan rentan miskin justru tidak dapat," tutur dia.

Eks narapidana memberikan bantuan sosial kepada masyarakat di kelurahan Sawah Besar, Jakarta Pusat, Rabu (22/4/2020) (ANTARA/Livia Kristianti)
Eks narapidana memberikan bantuan sosial kepada masyarakat di kelurahan Sawah Besar, Jakarta Pusat, Rabu (22/4/2020) (ANTARA/Livia Kristianti)

Ia juga mengaku heran bila ada warga yang dikatakan mampu malah mendapatkan paket sembako, sedangkan warga miski yang membutuhkan tidak menerima.

"Saya baca di berita justru warga di Kelapa Gading dapat itu paket bantuan. Ini piye? Karena itu perbaiki lah, data mulai dari RT/RW kemudian masing-masing lurah melaporkan ke tingkat kota kemudian provinsi," jelas dia.

Apalagi, kata Prasetyo, data penerima akan dipakai pemerintah pusat untuk juga menyalurkan bantuan ke warga yang berimbas dari wabah corona.

"Karena data ini juga akan digunakan pemerintah pusat," tutupnya.

Baca Juga:

Besok Jumat Awal Puasa Ramadan

Seperti diketahui, ada anggota TNI dan PNS menerima paket sembako dari Pemprov DKI saat pelaksanaan PSBB. Hal itu tercatat di dalam Keputusan Gubernur (Kepgub) nomor 386 tahun 2020 tentang Penerima Bantuan Sosial (Bansos) Bagi Penduduk yang Rentan Terdampak Covid-19.

Bahkan, ada salah satu anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PDI Perjuangan Jhonny Simanjuntak masuk dalam daftar nama penerima bansos Pemprov DKI.

Politikus PDIP yang tinggal di Kelurahan Lago, Koja, Jakarta Utara itu membenarkan informasi tersebut.

"Iya betul, itu di RT saya. Enggak ada lagi (pemilik nama Jhonny Simanjuntak)," kata Jhonny Simanjuntak saat dihubungi, Rabu (22/4). (Asp)

Baca Juga:

Hari Terakhir PSBB, Pemprov DKI Salurkan 84.838 Paket Sembako ke Warga Miskin

#Virus Corona #Jakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan