Data Hitung Cepat LSI di Atas 70 Persen, Herman Deru Jawara Pilkada Sumsel

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Rabu, 27 Juni 2018
Data Hitung Cepat LSI di Atas 70 Persen, Herman Deru Jawara Pilkada Sumsel
Herman Deru bersama pasangannya Mawardi Yahya dalam Deklarasi Pilgub Sumsel (Foto: Ist)

MerahPutih.com - Hasil hitung cepat LSI Denny JA menempatkan pasangan Herman Deru-Mawardi Yahya (HDMY) sebagai pemenang berdasarkan hasil hitung cepat sementara Pilkada Sumatera Selatan (Sumsel). Hingga Rabu (27/6) pukul 15.00, duet HMDY unggul dengan perolehan suara 36,88 persen dari sekitar 74 persen data yang masuk.

Herman Deru dan pasangannya unggul tipis dari duet Dodi Reza Alex Noerdin-M. Giri Ramanda Kiemas yang memperoleh suara 31,63 persen. Urutan selanjutnya dalam quickcount LSI menempatkan pasangan Ishak Mekki-Yudha Pratomo di urutan ketiga dengan 21,21 persen, dan pasangan Saifudin Aswari Riva'i-M. Irwansyah hanya memperoleh 10,29 persen suara.

Dalam data hitung cepat LSI Denny JA, untuk Pilkada Sumatera Selatan hingga pukul 15.17 WIB, persentase data yang diterima sebesar 74 persen dengan "vote turnout" 67,34 persen dan "margin of error" 0,10 persen.

herman deru
Herman Deru bersama pasangannya Mawardi Yahya dalam Deklarasi Pilgub Sumsel (Foto: Ist)

Peneliti senior LSI Denny JA, Ardian Sopa mengatakan beberapa varibel kemenangan paslon di Pilkada Sumsel antara lain kepuasan masyarakat terhadap gubernur saat ini yaitu Alex Noerdin. Menurut dia, apabila kepuasan masyarakat positif maka bisa mempengaruhi pasangan Dodi-Giri. "Anak Gubernur saat ini kan maju dalam Pilkada Sumsel, ketika negatif maka berimbas pada anaknya yang maju dalam Pilkada," ujar dia, dilansir Antara.

Sebelumnya, Herman Deru yang berpasangan dengan Mawardi Yahya berpesan tentang pentingnya satu menit di dalam bilik suara bagi nasib Provinsi Sumsel di masa mendatang.

"Ada kelegaan dalam diri saya setelah menyalurkan hak konstitusi ini. Harapan saya, masyarakat juga menggunakan hak pilihnya sebaik-baiknya karena satu menit dalam bilik suara itu sangat menentukan nasib Sumsel ke depan," kata Herman, di TPS 35, Palembang, pagi tadi.

herman deru
Pasangan nomor urut satu Herman Deru-Mawardi Yahya (HDMY). Foto: NET

Herman menyalurkan hak suara di TPS 35 Kelurahan 8 Ilir Kecamatan Ilir Timur III, Palembang. Cagub pasangan nomor urut satu itu tiba di TPS sekitar pukul 10.00 WIB didampingi istrinya Febrita Lustia dan dua anaknya, serta beberapa pendukungnya.

Bersama istrinya, Heru tampak kompak mengenakan baju berwarna putih. Sementara kedua putrinya menggenakan kaos bergambar pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Herman Deru-Mawardi Yahya. Calon gubernur yang juga pernah mencalonkan diri pada Pilkada Sumsel tahun 2013 ini menyatakan siap menerima apa pun hasil pilkada.

"Saya tinggal berserah dan bertawakal kepada Allah Swt karena segala usaha yang dilakukan manusia sudah dilakukan dan tinggal yang menentukan adalah Allah Swt," tandas mantan bupati Ogan Komering Ulu ini.

#Herman Deru #Pilkada Serentak 2018 #Pilkada Sumsel 2018
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan