Teknologi

Data Facebook Bocor, Begini Cek Akun dan Cara Mengatasinya

P Suryo RP Suryo R - Selasa, 06 April 2021
Data Facebook Bocor, Begini Cek Akun dan Cara Mengatasinya
Lindungi data pribadi dari peretasan. (Foto: Pixabay/geralt)

BELAKANGAN sempat ramai mengenai data pribadi pengguna Facebook bocor. Kurang lebih 533 juta pengguna di seluruh dunia bocor dan diposting secara publik di salah satu forum peretasan. Ada baiknya cek akun Facebookmu, apakah termasuk dari data yang bocor itu atau tidak.

Data yang bocor itu meliputi nomor telepon, nama lengkap, lokasi, alamat email, dan informasi sensitif lainnya.
Dilansir dari techradar, Facebook berbicara di twitter “ini adalah data lama yang sebelumnya dilaporkan pada 2019. Pihak Facebook menemukan dan memperbaiki masalah ini pada Agustus 2019".

Baca Juga:

Twitter Konfirmasi Spaces Versi Web Browser Dekstop

media
Situs ini didedikasikan untuk memberi tahu informasi akun seseorang mengalami kebocoran atau aman. (Foto: haveibeenpwned)

Untuk akun Facebook kamu yang mungkin masih mencantumkan atau menggunakan nama lengkap, tanggal lahir, nomor telepon, alamat tinggal, dan alamat email yang sama ketika tahun 2019. Kamu perlu cek akun Facebookmu untuk mengetahui data akun pribadimu bocor atau tidak.

Sangat mudah untuk melakukan pengecekan akun Facebook yang bocor. Cukup kunjungi situs haveibeenpwned.com dan masukan alamat email akun Facebookmu. Jika akun kamu bocor dalam salah satu kejadian, Have I Been Pwned akan memberi tahu kamu pelanggaran tertentu yang melibatkan data pribadi di akun Facebookmu.

Situs haveibeenpwned.com merupakan proyek peneliti keamanan Troy Hunt dan didedikasikan untuk memberitahu orang-orang mengenai detail identitas pribadi bocor atau tidak. Ini termasuk dalam pelanggaran keamanan besar yang terdokumentasi, termasuk insiden Facebook baru-baru ini.

Baca Juga:

Asisten AI Apple Siri Punya Suara Baru

media
Gunakanlah otentifikasi dua faktor. (Foto: (Foto: Unsplash/austin distel)

Jika kamu salah satu korban, kamu disarankan untuk mengubah kata sandi akun Facebookmu dan kata sandi akun lain yang terkait dengan akun Facebook yang bocor.

Untuk keamanan tambahan, layanan pengelola kata sandi dapat berguna mengamankan akun pribadimu. Disarankan untuk menggunakan kata sandi yang kuat dan unik agar tidak mudah untuk ditebak oleh sistem hacking.

Terlepas dari data akun kamu telah bocor atau tidak setelah cek. Sebaiknya praktikkan keamanan online tambahan agar lebih kuat. Kemudian lakukan otentikasi dua faktor (2FA) di layanan online manapun yang menawarkan keamanan. Ini dapat memastikan bahwa kamu memerlukan pemeriksaan keamanan kedua. Jadi sebelum masuk akun pribadimu, gawai akan mendapat kiriman pesan berupa kode untuk mengakses akun Facebookmu. Cara lain seperti mengubah informasi pribadimu menjadi identitas samaran. (rzk)

Baca Juga:

Ponsel LG Gulung Tikar, Ini Penyebabnya

#Facebook #Media Sosial #Sosial Media
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan