Musik

'Das Kapital', Kolaborasi Teranyar Joe Million x Indra Menus

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Selasa, 18 Mei 2021
'Das Kapital', Kolaborasi Teranyar Joe Million x Indra Menus
Joe Million kembali kolaborasi dengan Indra Menus. (Foto: Istimewa)

TENTU penggemar musik hip hop Tanah Air tidak lupa dengan momen di mana rapper Joe Million dan musisi Noise asal Yogyakarta, Indra Menus. Mereka pernah merilis dua album kolaborasi hingga tur Eropa pada 2019.

Saat ini dua talenta tersebut kembali dengan materi terbaru berupa video lirik dari lagu baru berjudul Das Kapital. Mahamboro dipercaya untuk membantu proses rekaman, mixing, dan mastering materi lagu sebagai produser yang dikerjakan dari studio miliknya.

Baca juga:

Tentang 'VANDAL' dan Arti Survive Menurut Joe Million

Mahamboro dikenal sebagai nominator AMI Awards 2020 untuk kategori Artis Solo Pria/Wanita/Grup/Kolaborasi Elektronika Terbaik. Juga pernah membantu rekaman dari duo Senyawa serta beberapa pelaku eksperimental noise dan elektronika lainnya.

Proses perekaman alat musik yang rumit membutuhkan waktu yang lebih lama dari biasanya. “Ini pertama kali aku pake sample yang diambil dari suara yang sering terdengar sehari-hari kayak gerinda pemotong keramik juga tembok ambruk dan tembakan. Selain itu aku juga pake tape loops, analog drum machine, dan pemutar kaset selain analog synthesizer” jelas Indra Menus mengenai set up alat-nya dalam keterangan resmi yang diterima Merah Putih, Senin (17/5).

Pada departemen lirik, Joe sedikit banyak membahas tentang suasana akhir zaman. “Gue semacam membuat tesis-tesis tentang akhir zaman di tiap liriknya,” ungkap Joe.

Baca juga:

Album Debut Matter Mos 'Pronoia' Bakal Hadir dalam Bentuk NFT

'Das Kapital', Kolaborasi Teranyar Joe Million x Indra Menus
Proses rekaman video 'Das Kapital'. (Foto: Istimewa)

Hal tersebut membuat keduanya sepakat untuk menamai empat lagu yang berhasil direkam oleh Mahamboro sebagai Taklimat Eskatologi. Eskatologi sendiri lebih kurang diartikan sebagai studio tentang akhir zaman.

Sebelumnya, pada pertengahan 2020 Indra Menus telah merilis mini album berjudul Jalmo Angkoro Mati Murko yang banyak mengeksplorasi sisi teknik dari musik Noise. Sedangkan, Joe Million di akhir 2020 suskes dengan album fenomenal VANDAL yang banyak menuai pujian.

Nantinya keempat lagu tersebut akan dirilis dalam format vinyl 7' via Relamati Records dan Noise Bombing. Dipililah Das Kapital untuk dibuatkan video lirik, karena lagu dianggap sesuai dengan tema kolaborasi keduanya. Video lirik Das Kapital akan resmi rilis melalui dua kanal YouTube: Joe Million dan Martinus Indra Hermawan mulai 29 Mei 2021 pukul 20.00 WIB. (far)

Baca juga:

Hajatan ‘Panggung Janggal’ Laze Berlangsung Intim

#Musik #Musik Indonesia #Rapper #Hip-Hop
Bagikan
Ditulis Oleh

Febrian Adi

part-time music enthusiast. full-time human.
Bagikan