Darmin: Penurunan Bunga Masih Digodok Menko Perekonomian Darmin Nasution menjawab pertanyaan wartawan mengenai Paket Kebijakan Ekonomi Jilid II di kantor Presiden, Jakarta, Selasa (29/9). (Foto Antara/Yudhi Mahatma)

MerahPutih Bisnis - Presiden Joko Widodo meminta suku bunga bank diturunkan. Hal ini untuk meringankan beban para pelaku usaha di tengah perlambatan pertumbuhan ekonomi.   

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan pembahasan Paket Kebijakan Ekonomi Tahap III terkait penurunan tingkat suku bunga bank hingga kini masih belum ada kemajuan.

"Itu masih belum banyak kemajuan pembicaraannya," kata Darmin di kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta Pusat, Jumat (2/10).

Menurut Darmin, usulan Presiden tersebut belum mendapat sambutan positif dari kalangan perbankan. "Memang ruangnya itu perlu waktu. Karena itu membicarakan efisiensi biaya, bukan menurunkan suku bunga dalam arti BI rate, itu kan moneternya. Kalau moneternya tidak mudah untuk situasi saat ini. Kita juga tidak ingin dicap pemerintah intervensi BI," jelasnya.

Masalah penurunan suku bunga ini masih akan dibahas lebih lanjut. Rencananya akan dimasukan dalam Paket Kebijakan Ekonomi Tahap III

"Saya tidak bisa menjelaskan lebih jauh, tapi prosesnya memang berjalan," ungkapnya. (rfd)

Baca Juga:

  1. Paket Kebijakan Ekonomi Tahap III Masih Digodok
  2. Paket Kebijakan Ekonomi tahap III : Jokowi Siap Turunkan Harga Solar
  3. Paket Kebijakan Ekonomi III Fokus ke Perizinan dan Proyek Padat Karya
  4. Jokowi: Paket Kebijakan Tahap II Lebih 'Nendang'
  5. Jokowi Minta Pertamina Turunkan Harga Premium

 



Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH