Darius Sinathriya Prihatin Kebakaran Hutan di Indonesia Darius Sinathriya yang sangat prihatin dengan kebakaran hutam belakangan ini. (Foto: MP/Albi)

KEBAKARAN hutan di Sumatera dan Kalimantan membuat prihatin banyak pihak. Bukan hanya masalah pencemaran lingkungan saja yang menjadi perosalan utama. Asap tebal akibat kebakaran hutan tak hanya menganggu pandangan pengendara di jalan raya dan lalu lintas penerbangan di bandara. Tapi juga menyebabkan gangguan pernafasan seperti ISPA pada warga.

Melihat kejadian tersebut, Darius yang sangat gemar adventure ke berbagai tempat-tempat ekstrem termasuk ke hutan, menunjukan keprihatinannya atas kebakaran hutan itu.

Baca Juga:

Daniel Mananta Doakan Netizen yang Julid Padanya

darius
Darius percaya pihak berwenang dapat mengatasi kebakaran hutan. (Foto: MP/Albi)

“Sedih banget, mungkin setiap tahun di indonesia ada kebakaran hutan , tapi tahun ini salah satu yang paling parah yah, sedih saya prihatin,” ucap Darius saat ditemui merahputih.com dikawasan Plaza Senayan, Jakarta, Rabu (18/9)

Melihat adanya peristiwa kebakaran itu, Darius pun sempat mengunggah cuitannya di twitternya @Dsinathrya. Darius sempat bertanya langkah apa yang bisa dilakukan seharusnya oleh masyarakat indonesia dan pemerintah.

“Lihat beberapa video dampak kebakaran lahan dan hutan di Sumatra dan Kalimatan, miris banget. Sepertinya sudah berhari2... Apa yang bisa kita lakukan guys? Pak @jokowi pemerintah pusat punya rencana apa untuk atasi kebakaran dan dampak kabut asap ke masyarakat?”, tulis Suami Presenter kondanga Donna Agnesia itu di twitter.

Kendati demikian, Darius merasa yakin jika semua pihak berwenang melakukan yang terbaik untuk mengatasi kebakaran tersebut. “Aku percaya sih semua pihak yang berwenang pasti melakukan yang terbaik untuk berusaha menanggulangi ini, mudah-mudahan ini cepat selesai,” lanjutnya.

Aktor yang namanya mulai dikenal sejak menjadi presenter acara olahraga itu pun mengkhawatirkan efek usai kebakaran, seperti kabut asap dan gangguan pernapasan ISPA yang membuat dampak negatif bagi masyarakat sekitar lokasi kejadian.

Baca Juga:

Claudia Emmanuela Santoso, Gadis Cirebon yang Memukau Juri The Voice Germany

darius
Kalau ada yang nakal ya harus ditindak tegas. (Foto: MP/Albi)

Darius menuturkan jika yang harus dicari tahu ialah penyebabnya. Apakah alam? Atau perbuatan manusia. Jika itu merupakan perbuatan manusia, pemilik nama lengkap Darius Sinathrya Kartoprawiro berharap pelakunya dapat ditindak tegas. “Kalau ada yang nakal ya harus ditindak tegas, tinggal bagaimana kita menanggulanginya dan memberikan hukuman tepat dan setimpal,” tegasnya.

Selain menyebabkan kabut asap tebal dan gangguan pernapasan pada warga disekitar lokasi kebakaran, banyak satwa langka yang hampir punah turut menjadi Korban dari kebaran hutan itu. Mengenai hal itu, Darius pun merasa sangat miris. “Sedih banget sih, apalagi kalau emang ada hewan yang mau punah dan segala macam karena kebakaran itu, miris banget sih” ucapnya.

Melihat bencana dahsyat yang terjadi itu Darius tak lantas tinggal diam. Dia mengaku harus ada langkah yang dilakukan. Dalam hal ini ialah penanggulangan pasca bencana. “Kalau kondisinya udah membaik udah mulai berangsur pulih gitu, kita recovery kita datang untuk mensupport secara moral, kita mengajak main anak-anak dengan berbagai kegiatan, mungkin lebih ke post traumaticnya yah , itu kita lebih berguna disitu,” jelasnya

Hal tersebut bukan tanpa alasan, karena menurut Darius disaat bencana kebakaran hutan terjadi, pemerintah dengan tenaga yang kompeten pasti bisa menanganinya dan akan lebih efektif. Dibandingkan harus memaksakan diri pergi kesana tanpa adanya bantuan yang signifikan. Alih-alih ingin membantu tapi justru bisa menjadi beban lantaran ikut terdampak gangguan pernapasan.

Untuk saat ini, bagi Darius hal positif yang bisa dilakukan menggalang dana untuk para korban kebakaran hutan di Indonesia. (ryn)

Baca Juga:

Sheryl Sheinafia Cedera 2 Bulan Karena Syuting Adegan Action, Ini Penyebabnya

Kredit : raden_yusuf


Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH