Daripada Minuman Kaleng, Coba 3 Minuman Segar nan Sehat Ini

Dwi AstariniDwi Astarini - Jumat, 15 September 2017
Daripada Minuman Kaleng, Coba 3 Minuman Segar nan Sehat Ini
Ilustrasi. (Foto: pixabay)

MINUMAN kaleng mungkin sudah menjadi salah satu pilihan minuman favorit Anda untuk melepas dahaga. Namun, tahukah Anda bahwa minuman kaleng dapat membahayakan kesehatan Anda? Risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, hingga obesitas dan diabetes mellitus tipe 2 mengintai.

Sebagai gantinya, kenapa tidak racik sendiri saja minuman segar dalam versi yang lebih sehat. Anda bisa menyimpannya di termos dingin agar lebih ramah ramah lingkungan? Lihat resepnya di sini.

1. Es lemon tea dengan delima merah (pomegranate)

Teh, selain menyegarkan, mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Teh hijau maupun teh hitam, misalnya, mampu melindungi tubuh dari penyakit jantung, stroke, dan osteoporosis. Teh chamomile bahkan bermanfaat untuk meredakan stres dan meringankan nyeri haid.

Nah, Anda bisa mengkreasikan pilihan teh favorit Anda dengan air perasan jeruk lemon dan pipilan buah delima merah segar yang ditambah es batu. Buah delima merah tidak hanya akan membuat es teh lemon Anda semakin segar, tapi juga memberikan kebaikan bagi jantung.

Selain manfaatnya untuk jantung, buah delima juga bermanfaat untuk kanker prostat. Sebuah riset yang dilakukan pada 2006 menemukan bahwa minum segelas jus buah delima akan menurunkan secara signifikan progres kanker prostat bagi mereka dengan kanker prostat.

2. Ginger Ale

Kalau Indonesia punya versi hangatnya yang disebut wedang jahe, versi minuman segar nan dinginnya berasal dari Inggris. Wedang jahe dingin ini dikenal dengan nama ginger ale. Biasanya minuman ini bersoda. Minuman ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang suka sekali minum minuman bersoda.

Cara membuatnya cukup mudah. Rebus air dan masukkan jahe serta gula. Aduk hingga gulanya larut. Tunggu dingin dan masukkan air soda tawar dan es batu. Minuman segar ginger ale milik Anda pun siap dinikmati.

Jahe sudah dikenal sebagai rempah dengan banyak manfaat. Jahe diketahui punya zat aktif yang diyakini mampu mengobati berbagai penyakit pencernaan, misalnya iritasi pada lambung dan usus. Jahe juga merangsang produksi air liur, produksi empedu, hingga mendorong konstraksi pada otot lambung sehingga melancarkan pencernaan.

Selain itu, jahe bisa mengurangi perasaan mual dan mengendalikan nafsu makan. Sebuah riset dari Universitas Georgia membuktikan bahwa jahe juga bisa mengurangi rasa sakit. Riset yang melibatkan 74 orang itu menemukan jahe dapat mengurangi sakit pada otot akibat berolahraga sebesar 25%. Jahe juga terbukti mampu mengurangi rasa sakit saat haid.

3. Jus buah tropis

Berbagai jenis buah punya kandungan dan manfaat yang berbeda. Untuk mendapatkan semuanya, pernahkah Anda membuat jus campuran buah? Tentu ini bisa jadi alternatif yang baik di tengah kesibukan Anda.

Anda hanya butuh beberapa iris buah mangga, buah pisang, yoghurt, dan segelas susu. Akan lebih baik susunya merupakan susu rendah lemak. Campurkan semua bahan ke blender. Akan lebih segar jika ditambahkan sedikit es.

Anda akan dapatkan banyak vitamin c dari minuman ini. Selain itu, kalori yang dihasilkan pun cukup rendah, hanya 98 kalori. Anda juga akan mendapatkan tambahan 138 mg kalsium dan 49 mg kalium. Selain kesegaran, Anda akan mendapatkan energi untuk menjalani hari.(*)

Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan