Darimana Asalnya Makaroni Keju? Italia? Amerika? Perancis? Atau Switzerland? (1)

P Suryo RP Suryo R - Kamis, 01 Februari 2018
Darimana Asalnya Makaroni Keju? Italia? Amerika? Perancis? Atau Switzerland? (1)
Makaroni keju. (Foto: Recipe This)

SEJARAH panjang berada dalam makanan yang sudah dikenal banyak orang, makaroni keju. Bila mendengar kata makaroni yang terbayang tentunya Italia. Namun ternyata makanan ini bukan berasal dari sana.

Banyak teori yang menyebutkan asal makanan tersebut. Makaroni yang terbuat dari pastapun bukan berasal dari Italia, Switzerland bahkan bukan dari Eropa. Bila dirunut sampai sekitar tahun 3500 SM, pasta berasal dari Jepang dan Tiongkok.

Lantas pasta itu dibawa melewati Jalur Sutera ke Timur Tengah dan Afrika Utara. Para pakar berpendapat bahwa di abad 7 suku nomaden Arab membawanya dari Libya ke Sicily. Dari Sicily ini kemudian menyebar ke seluruh Italia.

Sedangkan teori tentang makaroni keju ada yang berpendapat murni berasal dari Switzerland. Älplermagronen, demikian orang Switzerland menyebut makaroni keju. Sedangkan makaroninya disebut dengan nama magronen atau hörni, merujuk pada bentuknya yang seperti tanduk hewan.

Menurut Paul Imhof yang mengarang buku sejarah makanan, Das Kulinarische Erbe der Schweiz, menyebutkan karena kehidupan di Switzerland. Para gembala di pegunungan harus membuat makanan dari bahan-bahan yang dibawa sendiri dari kaki gunung. Pasta adalah bahan makanan yang memiliki bobot ringan dan mudah dibawa. Sedangkan mereka memiliki susu yang dapat dijadikan berbagai bahan makanan, salah satunya keju.

Bukan hanya Switzerland yang menyukai makaroni keju. Amerika, Kanada, Inggris, Perancis dan Italia menyukai menu makanan ini. Bahkan Amerika mengklaim bahwa makaroni keju adalah bagian dari menu makanan asli mereka. Ini kembali ke tahun 1937 sewaktu Amerika tengah mengalami depresi ekonomi.

Bisa jadi waktu itu sebuah pabrik keju ternama membuat makaroni dalam kemasan. Dari situlah kemudian makaroni kemudian mendunia. Celakanya Amerika menjadi anggapan yang mengeluarkan makaroni. Padahal tidak ada sejarahnya makaroni dan keju berasal dari Amerika. (psr)

#Menu Keju
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan