Hari Ibu

Dari yang Lucu sampai Menyentuh, Film-Film ini Bertemakan Ibu

Dwi AstariniDwi Astarini - Jumat, 22 Desember 2017
Dari yang Lucu sampai Menyentuh, Film-Film ini Bertemakan Ibu
Ilustrasi. (Foto: pixabay)

CERITA kehidupan ibu menjadi topik yang menarik untuk diangkat ke layar lebar. Ada cerita perjuangan ibu membesarkan anak, ada kisah anak yang berbakti pada ibunya, ada juga kisah ibu tiri yang menyayangi anaknya, meskipun bukan lahir dari rahimnya, hingga tingkah polah kocak para ibu dalam menghadapi tekanan sesama ibu.

Berikut 10 film bertema ibu yang asyik dinikmati bersama mama.

1. Ibunda (1986)

Film ini menceritakan kisah Ibu Rakhim (Tuti Indra Malaon), seorang janda priyayi, dalam menghadapi dua masalah terpisah dalam keluarganya. Fitri (Ria Irawan), anak perempuan bungsunya, mempunyai pacar bernama Luke yang dibenci Farida (Niniek L Karim), kakak Fitri, dan suaminya yang kaya dari kalangan bangsawan Jawa, Gatot. Kebencian itu timbul karena Luke ialah seorang Papua bukan orang Jawa. Pada saat bersamaan, anak laki-lakinya, Fikar (Alex Komang), meninggalkan istri dan anak-anaknya untuk tinggal dengan seorang artis. Film ini mengingatkan kita akan pentingnya arti keluarga dan ibu.

2. Stepmom (1996)

Kisah film Stepmom berputar pada kehidupan Jackie, seorang ibu yang setia, sulit untuk melihat anak-anaknya dekat dengan Isabel, perempuan baru di kehidupan mantan suaminya. Namun, saat Jackie didiagnosis kanker, ia belajar untuk menerima Isabel.

3. Berbagi Suami (2006)

Film Berbagi Suami merupakan cerita para perempuan yang menjalani kehidupan dipoligami. Salma yang diperankan Jajang C Noer mewakili kalangan berpendidikan dengan strata sosial yang tinggi, berprofesi sebagai dokter, berlatar kultur Betawi di usia 50-an, bersuamikan pengusaha yang terjun ke dunia politik.

Siti yang diperankan Shanty ialah perempuan dari pelosok Jawa, yang usianya mendekati 30-an, dan Ming yang diperankan Dominique, gadis keturunan Tionghoa yang berusia 19 tahun.

Ketiganya pernah bertemu meski tidak terlalu saling mengenal, namun mereka mengalami kondisi yang mirip: dipoligami.

4. Erin Brockovich (2000)

Meskipun merupakan film biografi kehidupan aktivis dan pengacara lingkungan Erin Brockovich, kisah film ini menampilkan perjuangan Brockovich sebagai seorang orangtua tunggal.

Kegigihan Brockovich berbuah manis saat ia memenangi kasus pro-bono atas PG&E.

5. Daun di Atas Bantal (1998)

Daun di Atas Bantal berkisah tentang perjuangan Asih dalam mengasuh tiga anak jalanan. Deraan kerasnya kehidupan jalanan membawa takdir mereka ke akhir yang tragis.

6. My Sister's Keeper (2009)

Anna Fitzgerald (Abigail Breslin) lahir dari proses pembuahan dalam tabung. Kelahirannya memang didesain untuk menjadi donor bagi Kate (Sofia Vassilieva), kakaknya yang menderita leukimia. Seumur hidupnya, Anna tak punya kesempatan untuk hidup sebagai dirinya.

Suatu ketika, Kate didiagnosis gagal ginjal sehingga Anna harus bersiap-siap merelakan satu ginjalnya untuk Kate. Di saat yang menentukan itu, Anna membuat sebuah keputusan besar dengan menyewa pengacara bernama Campbell Alexander (Alec Baldwin) untuk menuntut kedua orangtuanya karena telah memanfaatkan hidupnya untuk keperluan donor.

7. Emak Ingin Naik Haji (2009)

Emak ialah seorang perempuan berusia lanjut yang sabar, tulus, dan penuh kebaikan hati. Emak sangat ingin menunaikan ibadah haji. Sayangnya, ia tidak memiliki biaya untuk mewujudkan keinginannya. Kehidupan Emak sehari-hari hanya bergantung pada hasil jualan kue. Ada juga sedikit tambahan uang dari Zein, anaknya yang duda, penjual lukisan keliling.

Walaupun Emak tahu bahwa pergi haji sulit diraih, Emak tidak putus asa. Ia tetap mengumpulkan rupiah demi rupiah untuk disetorkan ke tabungan haji di bank. Zein yang melihat kegigihan Emak berusaha dengan berbagai cara untuk dapat mewujudkan keinginan Emak. Namun, keterbatasannya sebagai penjual lukisan keliling serta masalah-masalah yang diwarisinya dari perkawinannya yang gagal menyebabkan Zein hampir-hampir putus asa dan nekat.

8. The Blind Side (2009)

Michael Oher ialah anak bermasalah dari seorang ibu pemadat. Hidupnya gelap tanpa masa depan yang jelas. Namun, semuanya berubah setelah ia bertemu Leigh Anne Touhy.

Bersama Leigh Anne, Oher bertransformasi menjadi pemain football dan sukses bermain di NFL.

9. Athirah (2016)

Athirah merupakan film biografi ibunda Yusuf Kalla. Kehidupan Athirah goyah ketika suaminya mengawini perempuan lain. Dalam lingkup budaya yang memungkinkan itu terjadi dan tanpa ruang bagi perempuan untuk bisa menolak, Athirah bergulat melawan perasaannya demi mempertahankan keutuhan keluarganya.

Sementara itu, anak laki laki tertuanya, Ucu (Yusuf Kalla), tidak tahu pada siapa ia harus berpihak. Ibunya ialah orang yang dicintainya, penuh kesabaran, dan kebaikan hati. Di lain halnya, bapaknya tetap menjadi sosok yang ia kagumi.

10. Bad Moms (2016)

Jika enggak bisa jadi good moms atau perfect moms, kenapa enggak jadi bad moms aja?

Begitu kira-kira benang merah film ini. Cerita berputar pada kehidupan para ibu wali murid di sebuah sekolah. Tekanan dan persaingan antaribu membuat Amy Mitchell gerah. Ia pun memutuskan berhenti berusaha menjadi ibu yang sempurna, dan beralih jadi bad mom!

BONUS

Mom's Night Out (2014)

Satu lagi film tentang kehidupan ibu yang jujur menampilkan realita seorang ibu. Dengan segudang tugas dan tanggung jawab, ibu butuh libur, bahkan jika hanya semalam.

Mom's Night Out menampilkan bagaimana para ibu meninggalkan anak dan urusan rumah tangga hanya untuk sedikit bersenang-senang bersama teman agar tetap 'waras'.

Ayo, pilih film favorit kamu!(*)

#Lapsus Hari Ibu
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan