Dari Waktu hingga Lokasi Meeting, Ini Kebiasaan Pengguna Zoom sepanjang 2022

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Selasa, 03 Januari 2023
Dari Waktu hingga Lokasi Meeting, Ini Kebiasaan Pengguna Zoom sepanjang 2022
Zoom meeting masih tetap populer di 2022. (Unsplash/Chris Montgomery)

PLATFORM meeting daring Zoom baru-baru ini telah mempublikasikan riset tentang bagaimana orang-orang saling terhubung dan berkolaborasi secara virtual melalui Zoom di sepanjang 2022.

Riset tersebut dilakukan dengan kombinasi antara informasi internal Zoom dan survei online, seperti tertulis dalam keterangan Zoom yang diterima, Senin (2/1).

Riset ini menunjukkan perilaku meeting para pengguna Zoom, mulai dari hari-hari paling sibuk di platform Zoom hingga hal-hal yang paling tidak disukai saat bekerja, dan tempat para pengguna melakukan meeting.

Baca juga:

Make Up Sederhana Agar Terlihat Presentable saat Meeting Virtual

Hari tersibuk

Berdasarkan riset tersebut terungkap bahwa Senin bukanlah hari paling sibuk dalam seminggu, berdasarkan jumlah meeting, penggunaan conference room, dan penyelenggaraan acara hybrid, Selasa menjadi yang paling sibuk.

Kemudian diikuti dengan hari Rabu berdasarkan jumlah panggilan telepon, pesan yang dikirim melalui team chat, penggunaan whiteboard virtual, dan penyelenggaraan acara hybrid. Pada akhir pekan, Minggu menjadi hari yang lebih sibuk untuk webinar dibandingkan Sabtu.

Dari Waktu hingga Lokasi Meeting, Ini Kebiasaan Pengguna Zoom sepanjang 2022
Rata-rata partisipan Zoom meeting berkurang 30 persen dari 2021. (Foto: Unsplash/Dylan Ferreira)

Jumlah partisipan

Riset tersebut juga menunjukkan bahwa grup dengan jumlah partisipan yang sedikit meningkatkan efisiensi meeting. Rata-rata jumlah partisipan meeting sepanjang 2022 adalah tujuh orang, menurun 30 persen dari 2021 yakni 10 orang. Sementara, rata-rata lama meeting menurun dari 54 menit, menjadi 52 menit di 2022.

Preferensi komunikasi virtual

Tiap generasi memiliki preferensi komunikasi virtual yang berbeda. Generasi milenial (51%) dan Gen Z (36%) lebih menyukai messaging tools seperti team chat serta saling terhubung melalui whiteboard. Sementara generasi Baby Boomers (42%) dan Gen X (35%) lebih suka menggunakan email.

Baby Boomers juga menjadi generasi yang paling menyukai panggilan telepon. Sangat berbeda dengan generasi Milenial yang tidak suka berbicara lewat telepon.

Baca juga:

4 Akal-Akalan Klise Matikan Kamera Saat Meeting Virtual

Dari Waktu hingga Lokasi Meeting, Ini Kebiasaan Pengguna Zoom sepanjang 2022
Frekuensi meeting selain di meja meningkat pada 2022. (Foto: Make Use Of)

Lokasi Meeting

Orang-orang semakin terbiasa dengan gaya kerja yang fleksibel, sehingga frekuensi meeting selain di meja kerja meningkat. Tempat di mana pengguna paling sering melakukan meeting, selain di meja, adalah mobil (43%), diikuti dengan tempat tidur (25%), kafe (19%), bandara (18%), dan meeting sambil jalan kaki atau jogging (14%).

Berdasarkan generasinya, Gen Z paling sering melakukan meeting di mobil (61%), dan 31% generasi milenial bergabung dalam meeting sambil berjalan kaki atau jogging.

Sopan santun virtual

Menghargai orang lain sangat penting, baik saat berinteraksi langsung maupun secara virtual. Orang-orang dari berbagai generasi setuju bahwa perilaku saat meeting yang paling mengganggu adalah ketika ada yang memotong pembicaraan orang lain (34%).

Kemudian ketika waktu meeting terulur lebih lama dan seseorang melayangkan pertanyaan baru (28%), serta ketika seseorang makan dan tidak mematikan mic (24%). (kna)

Baca juga:

Cara Tampil Lebih Percaya Diri saat Zoom Meeting

#Aplikasi Zoom #Media Sosial
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan