Dari Penyedia Layanan Prostitusi hingga Suap Polisi, Pesan Singkat ini Hancurkan Karier Artis K-pop Ternama Dalam Sekejap Jonghoon, Seungri, dan Jung Joon Young (Sumber: FNC Entertainment, High Cut, dan bnt)

KARIER dan popularitas yang telah dibangun bertahun-tahun harus hancur karena sebuah pesan singkat. Tak tanggung-tanggung, pesan singkat tersebut menghancurkan karier selebritas papan atas Korea Selatan seperti Seungri BIGBANG, Jonghoon FT Island, dan Jung Joon-young.

Baru-baru ini, pesan singkat tersebut juga menyeret dan mengancam dua nama lainnya, yakni Jonghyun CNBLUE dan Kwon Hyuk Joon, kakak dari member SNSD Yuri Kwon. Bagaimana sebuah pesan singkat bisa menghancurkan karir keartisan dalam sekejap?

Mega skandal K-pop yang telah menjadi isu besar nasional tersebut pertama kali dikuak oleh seorang reporter perempuan bernama Kang Kyung-yoon. Ia mulai mengendus ketidakberesan pada Seungri sejak 2015 setelah ia mengadakan pesta Seungtsby. Pada pesta tersebut, Seungri mengundang pebisnis kelas kakap hingga investor asing. Penyelenggaraan pesta tersebut bertujuan untuk mengembangkan bisnis yang sedang ia rintis.

Dalam artikel pertamanya, Kyubg-yoon menulis tentang pembicaraan grup Kakaotalk dengan Seungri jadi salah satu anggotanya. Setelah menelusuri bertahun-tahun, hasilnya sangat mengejutkan. Kyung-yoon menemukan percakapan aneh antara Seungri BIGBANG, Jonghoon FT Island, Jung Joon Young dan lain-lain. Berikut isi chat yang membuat mereka harus mundur dari industri hiburan Korea.

1. Seungri BIGBANG

Seungri BIGBANG
Seungri (Sumber: High Cut)

Dalam grup tersebut, tampak Seungri mengirimkan foto sejumlah korban perempuan untuk dipilih. Ia mendeskripsikan karakter perempuan yang akan diajak berkencan para investor asing tersebut. "Nomor satu pendiam tetapi sangat suka uang. Dia tak pandai minum namun wajahnya sangat cantik. Nomor tiga cantik dan bisa minum. Namun ia bertingkah aneh saat mabuk," demikian tulis Seungri seolah meminta pendapat teman-temannya di grup Kakaotalk tersebut.

Seelah kasusnya terus berkembang selama satu setengah bulan, Seungri memutuskan untuk hengkang dari BIGBANG dan dunia hiburan pada Senin (11/3). Ia menuturkan, langkah tersebut diambil untuk mempertahankan nama baik BIGBANG dan agensinya, YG Entertainment.

2. Jung Joon-young

Jung Joon Young
Jung Joon Young (Sumber: bnt)

Ketika polisi setempat menemukan nama Jung Joon-young, ia sedang syuting di Amerika Serikat. Ia segera kembali ke negaranya untuk memenuhi panggilan kepolisian. Dalam grup Kakaotalk tersebut, Joon-young aktif mengirimkan video panas antara ia dan 10 perempuan. Meskipun beberapa korban memohon kepadanya untuk tidak menyebarkan video mereka, Joon-young tetap membagikan di grup Kakaotalk. "Aku ketahuan mengirimkan video yang sudah kurekam hahaha," tulisnya.

Setelah ditetapkan sebagai tersangka, ia mundur dari dunia keartisan. Agensi yang menaunginya, MAKEUS Entertainment memberi pernyataan resmi perihal pemutusan kontrak dengan Jung Joon Young. Kendati tak lagi menjadi artisnya, pihak agensi tetap bertanggungjawab memastikan Jung Joon Young bertindak kooperatif selama proses penyidikan dan masa uji coba.

3. Jonghoon FT ISLAND

Jonghoon
Jonghoon FTISLAND (Sumber: FNC Entertainment)

Setelah melewati berbagai penyidikan, kasus tersebut semakin besar dan menyeret nama Choi Jonghoon. Dalam grup Kakaotalk itu, gitaris FT ISLAND tersebut menyinggung soal insiden mengemudi dalam keadaan mabuk pada Februari 2016. Dia harus membayar denda sebesar 2,5 juta won (Rp 31 juta) dan SIM-nya ditahan selama 100 hari. Namun bukan itu masalah utamanya. Ia menyuap anggota kepolisian untuk menutupi kasus tersebut.

Pada 7 Maret 2016, Jonghoon membagikan artikel idola yang ditilang lantaran mengemudi dalam keadaan mabuk dan menuliskan ,"Syukurlah saya selamat karena bantuan seorang teman," tulisnya. Pesan singkatnya tersebut dibalas oleh Jung Joon Young, "Jong Hoon seharusnya menjadi headline berita kali ini." "Kenapa harus ada artikel tentangku? Aku sudah menyuap mereka," balasnya. Setelah kabar tersebut berkembang, Jonghoon mengundurkan diri dari FT ISLAND, Kamis (14/3).(avia)

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH