berita-singlepost-banner-1
Dari Orde Baru Hingga Reformasi, Bang Yos Kerjasama dengan 'Tukang Stempel' Mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso membagikan pandangannya saat wawancara ekslusif dengan Antara di kantornya, Jalan Teluk Betung, Jakarta Pusat, Jumat (21/6/2019). (ANTARA/Ricky Prayoga)
berita-singlepost-banner-2
berita-singlepost-mobile-banner-7

MerahPutih.com - Mantan Gubernur DKI Jakarta, Sutiyoso atau Bang Yos meminta para anggota Dewan Legialatif Kebon Sirih yang baru dilantik bekerja memahami masalah yang berkembang di Jakarta saat ini.

Bang Yos menceritakan bahwa saat dirinya memimpin Ibu Kota selama dua periode, tugas dari para legislator hanya sebatas tukang stempel.

Baca Juga

Sembilan Kader PAN 'Carter' Angkot Hadiri Pelantikan Anggota DPRD DKI

"Kalau dulu hanya tukang stempel. Orde baru kan. Saya mengalami terakhir kali itu. Ujung orde baru saya ngalamin. Terus awal reformasi saya ngalamin. Saya mengalami pemerintahan yang berbeda. Kalau dulu kekuatan dewan tukang stempel, dan sekarang punya kewenangan yang sangat besar," kata Bang Yos, Selasa (27/8).

Eks Kepala Badan Intelijen Negara itu berharap para anggota legislatif baru ini mampu menyelesaikan permasalahan di Jakarta.

Sebanyak 106 anggota DPRD DKI Jakarta terpilih telah resmi menjadi Dewan Legislatif Kebon Sirih periode 2019-2024 setelah dikukuhkan oleh pelaksana harian (Plh) Ketua Pengadilan Tinggi DKI Jakarta Syahrial Sidik di Gedung Paripurna DPRD DKI, Jakarta Pusat, Senin (26/8). Foto: MP/Asropih

Disamping itu, legislatif dan eksekutif mampu bersinergis dan melaksanakan program-program yang tepat sasaran. Terlebih, fungsi DPRD sebagai pengawas dari eksekutif dinilai harus memiliki peran penting.

"Tentunya dewan bisa betul-betul memperjuangkan kepentingan rakyat Jakarta. Kecuali itu kan mengawasi jalannya pemerintahan eksekutif, apakah sudah sesuai melaksanakan program yang direncanakan bersama. Itu kan kontrol seperti itu dia. Itu wajib dilakukan," tutupnya.

Baca Juga:

Anies Siap Gandeng DPRD Baru Majukan Jakarta

Seperti diketahui, perolehan Kursi Partai Politik pada Pemilu 2019 sebanyak 106 kursi berdasarkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor : 153/PL.01.9 - Kpt/31/Prov/VIII/2019 tanggal 12 Agustus 2019 tentang Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik Peserta Pemilu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Prov Daerah Khusus Ibukota Jakarta Tahun 2019. (Asp)

Kredit : asropih

berita-singlepost-mobile-banner-3
Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH


berita-singlepost-banner-4
berita-singlepost-banner-5
berita-singlepost-banner-6