Dari Narkoba ke Beras, Buwas Ditunjuk Jadi Dirut Bulog

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Jumat, 27 April 2018
Dari Narkoba ke Beras, Buwas Ditunjuk Jadi Dirut Bulog
Kabareskrim, Komjen Pol Budi Waseso di Mabes Polri, Rabu (22/4). (MerahPutih/ Rizki Fitrianto)

MerahPutih.com - Budi Waseso alias Buwas dianggap sukses memberantas peredaran narkoba saat memimpin Badan Narkotika Nasional. Pemerintah pun kembali mempercayakan mantan Kabareskrim itu menduduki posisi penting sebagai Direktur Utama Perum Bulog.

Jenderal polisi dengan pangkat terakhir bintang tiga itu ditunjuk menggantikan Djarot Kusumayakti berdasarkan keputusan Menteri Rini Soemarno yang tertuang dalam Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-115/MBU/04/2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaam Umum (Perum) Bulog. Tujuan penunjukkan Buwas sebagai bagian dari upaya penyegaran manajemen perusahaan untuk memperkuat peran perusahaan sebagai stabilisator harga pangan.

beras bulog
Gudang beras BULOG. Foto: Antara

"Ini sebuah bentuk penyegaran dalam manajemen perusahaan. Pemerintah terus mendorong agar Perum Bulog sebagai perusahaan yang mengemban tugas dari pemerintah dapat menjalankan perannya untuk menjaga Harga Dasar Pembelian gabah petani, stabilisasi harga khususnya harga pokok, penyaluran program Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Bansos Rastra), pengelolaan stok pangan serta bahan pangan lainnya di luar beras," kata Deputi Bidang Usaha Industri Agro dan Farmasi Kementerian BUMN Wahyu Kuncoro dalam siaran pers kementerian, Jumat (27/4).

Tak hanya itu, Menteri BUMN mengangkat Triyana menjadi Direktur Keuangan menggantikan Pardiman. Surat yang sama menetapkan Teten Masduki sebagai Ketua Dewan Pengawas Bulog menggantikan Sudar Sastro Atmojo menurut surat keputusan menteri tersebut.

Pemerintah berharap pergantian direksi dalam manajemen Perum Bulog bisa mendorong upaya pemerintah dalam stabilisasi harga dan penyediaan kebutuhan pangan bagi masyarakat terutama dalam hari-hari besar keagamaan. "Dalam rangka menjaga ketahanan pangan nasional," tegas Wahyu, dilansir Antara.

Kepercayaan Wapres JK

JK
Wapres JK. (Twitter @setkab.go.id)

Sementara itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla memuji Buwas adalah sosok pekerja keras sehingga mampu memimpin Perum Bulog dengan baik. "Ya tentu Bulog berbeda dengan hukum (Kepolisian RI). Tetapi selama dia belajar dan bekerja keras di bidang bisnis, tentu dapat bekerja dengan baik," kata JK, kepada wartawan di Kantor Wapres Jakarta.

Wapres mengaku Buwas tergolong sukses saat menjabat kepala BNN dan Kabareskrim di Polri. "Kalau Anda bicara Budi Waseso, dia seorang pekerja keras dan konsekuen. Dia kuat bekerja di BNN, jadi sangat boleh dibilang berhasil dengan upayanya," tandas tokoh senior Golkar itu.

Sejak akhir pekan lalu, nama Buwas sudah santer diberitakan menjadi Dirut Perum Bulog. Polisi spesialis reserse itu menjalani rangkaian tes dari Tim Penilai Akhir (TPA) yang diketuai Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin (23/4) lalu. (*)

#Komjen Buwas #Bulog #Dirut Bulog
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan