Dari Meningkatkan Daya Tahan Tubuh hingga Menenangkan, 4 Teh Herbal ini Baik buat Kesehatan Kandungan dalam teh herbal memberi manfaat bagi kesehatan tubuh. (foto: medicalnewstoday)

TEH merupakan salah satu minuman populer. Tak hanya nikmat, teh juga bisa menjadi obat yang alami, terlebih teh herbal.

Teh herbal bagus untuk hidrasi dan memberikan nutrisi pelindung. Meski namanya teh, teh herbal bukan berasal dari tanaman Camellia Sinensis atau tanaman yang biasanya diambil pucuknya yang menghasilkan varian seperti hijau, putih, hitam, atau oolong. Teh herbal sebenarnya merupakan teh yang terbuat dari berbagai tanaman seperti bunga, tumbuhan, dan rempah-rempah.

Berikut 4 jenis teh herbal yang memiliki manfaat untuk kesehatan yang dilansir Health.com.

1. Peppermint

teh herbal
Teh peppermint meningkatkan daya tahan tubuh. (foto: tastemadeof)

Peppermint bisa dijadikan teh yang enak dan menyehatkan. Beberapa penelitian menemukan bahwa teh peppermint berguna untuk meningkatkan daya tahan atlet supaya tidak cepat lelah, serta meningkatkan fungsi pernapasan.

Para ilmuwan percaya efek ini dapat dikaitkan dengan relaksasi otot bronkial, peningkatan kadar oksigen ke otak, dan penurunan senyawa darah yang bisa menyebabkan kelelahan. Efek relaksasi otot juga membantu menenangkan dan mengurangi gangguan pencernaan.

Selain itu, aroma harum mint dari teh ini dapat mengurangi kelelahan, kecemasan, meningkatkan kewaspadaan dan daya ingat.

2. Jahe

teh jahe
Teh jahe baik untuk pereda mual. (foto: powerofpositivity)


Jahe disebut sebagai obat untuk mual, morning sickness, dan mabuk perjalanan. Seperti dilansir Health.com, menghirup teh jahe dapat menawarkan manfaat yang sama, dan beberapa manfaat yang lain seperti meredakan nyeri menstruasi, melindungi dari kanker, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2.

Medical News Today menyebut teh jahe juga dapat membantu meredakan peradangan yang ada di dalam tubuh dan mengurangi nyeri otot akibat olahraga.



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH