Dari Mana Asal Kata Mudik? Mudik merupakan tradisi turun temurun (Foto: MerahPutih/Rizki Fitrianto)

ADA satu tradisi yang sangat lekat ketika libur Idul Fitri alias Lebaran. Yups, setiap tahunnya para perantau berbondong-bondong pulang ke kampung halaman ketika mendekati Lebaran. Kegiatan ini sering disebut Mudik.

Di tahun ini, berdasarkan data dari kepolisian, diprediksi terdapat peningkatan sekitar 30 persen pemudik. Sementara untuk puncak arus mudik kemungkinan akan terjadi pada H-3 tepatnya di hari Minggu (2/6).

Saat mudik berbagai moda transportasi bisa digunakan mulai dari pesawat, bus, kereta, kapal laut, mobil pribadi hingga sepeda motor. Bahkan ada juga yang pulang kampung menggunakan kendaraan tak biasa seperti bajaj hingga becak.

Pemudik menggunakan bus (Merahputih.com / Rizki Fitrianto)
Pemudik menggunakan bus (Merahputih.com / Rizki Fitrianto)

Namun, pasti banyak dari Sahabat Merahputih yang tak tahu dari mana kata Mudik berasal. Padahal, tradisi ini sudah berlangsung lama. Dilansir dari berbagai sumber, istilah mudik pada awalnya tak dipakai untuk pulang kampung saat lebaran saja.

Mudik berasal kata udik yang artinya hulu. Ia pertama kali muncul pada saat Jakarta bernama Batavia. Saat itu, suplai bahan makanan biasa diambil dari wilayah-wilayah luar tembok selatan. Oleh karena itu banyak wilayah-wilayah Jakarta dengan nama tumbuhan seperti Kebon Jeruk, Duren Kalibata, Kebon Kopi dan lain sebagainya.

Pemudik padati Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu (3/7). (Foto: Jhon Abimanyu)
Pemudik padati Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu (3/7). (Foto: Jhon Abimanyu)

Kemudian, para petani sering menggunakan sungai untuk membawa barang dagangannya hingga muncul istilah hilir-mudik yang artinya sama seperti bolak-balik. Aktivitas mudik atau udik saat pulang dari kota keladang berlangsung lama dan berlangsung secara terus menerus.

Sementara itu ada juga yang mengatakan kalau mudik berasal dari Jawa Ngoko mulih dilik, artinya pulang sebentar. Tak ada orang yang tahu pasti mulai kapan tradisi mudik berlangsung. Namun kemungkinan mudik muncul setelah adanya tradisi merantau.(*)

Kredit : yani

Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH