Dari Kesehatan Fisik hingga Kesehatan Mental, Alasan Kamu Harus Hindari Lift Dan Mulai Naik Tangga Manfaat naik tangga (Sumber: Live Mint)

DI stasiun MRT, stasiun kereta, perkantoran hingga pusat perbelanjaan kita bisa melihat orang rela antre menunggu lift untuk naik ke lantai tertentu. Namun ada pula orang yang lebih memilih naik tangga karena tidak sabar antre naik lift atau ingin menerapkan pola hidup sehat.

Untuk alasan kedua, faktanya memang ada begitu banyak manfaat kesehatan dari naik tangga. Berikut beberapa keuntungan bagi kesehatan untuk kamu yang hobi naik tangga.

Baca Juga:

Sitz Bath, Terapi Air Hangat untuk Kesehatan Organ Intim

1. Mengurangi Resiko Stroke

Naik Tangga
Resiko Stroke berkurang (Sumber: Boldsky)

Naik tangga adalah kesempatan besar bagi kamu yang ingin aktif. Hal tersebut juga membantu orang dewasa meningkatkan kualitas hidup mereka. Menurut sebuah penelitian, naik tangga secara teratur )20-34 anak tangga seminggu) dapat mengurangi resiko stroke, peningkatan denyut jantung dan penurunan fisiologis di usia tua.

2. Membakar Lebih Banyak Kalori

Manfaat naik tangga
Pembakaran lemak (Sumber: Boldsky)

Melakukan olahraga fisik secara teratur dapat membantu proses pembakaran kalori. Jika kamu tidak punya cukup waktu untuk berolahraga, naik tangga adalah solusinya! Menurut informasi yang dilansir di Boldsky, naik tangga membakar lebih banyak kalori daripada joging atau mendayung permenitnya. Efektif dan efisien kan?

Baca Juga:

Air Purifier, Humidifier dan Diffuser, Apa Sih Bedanya?

3. Memperkuat Otot

Naik tangga
Pembakaran lemak (Sumber: Boldsky)

Naik tangga dapat menguatkan anggota tubuh bagian bawah karena ia melibatkan gerakan pendakian vertikal dan horizontal secara bersamaan. Selain dapat menguatkan otot bagian bawah, naik tangga juga dapat melatih proporsional tubuh karena dapat menjaga tubu tetap seimbang.

4. Meningkatkan Kesehatan Mental

Naik tangga
Kesehatan mental meningkat (Sumber: EM360)

Berjalan di tangga dapat membantu meningkatkan kinerja kognitif dan suasana hati pada orang dewasa. Ini bahkan jauh lebih efektif dibandingkan dengan berbagai olahraga berat. naik tangga setiap hari menimbulkan efek positif pada fungsi tubuh dan keadaan suasana hati pada orang sehingga naik tangga membuat kondisi mental menjadi sehat. (avia)

Baca Juga:

Bolehkah Penderita Diabetes Mengonsumsi Jamur?

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH