Dari Jurnalis Musik Jadi Artis, Soleh Solihun: Gua Enggak Pernah Berencana Karier Soleh Solihun terbentang panjang.(foto: MP/Albi)

AKTOR Soleh Solihun memang sangat kreatif. Sekarang, ia dikenal sebagai komedian dan sutradara. Namun, tak banyak yang tahu pria berusia 39 tahun ini memulai kariernya sebagai seorang jurnalis musik. Ia sendiri memang lulusan jurnalistik dari Universitas Padjajaran, Bandung.

Beralih menjadi seorang aktor dan sutradara tidak direncanakan Soleh. Pencapainnya sekarang ini ia syukuri dengan sepenuh hati. Maksudnya, ia tidak pernah muluk-muluk menjalani kehidupannya. "Gua enggak pernah merencanakan hidup dari jauh-jauh untuk ke masa depan," ujar Soleh saat ditemui di SCBD, Jakarta Selatan, Kamis (12/7).

Soleh memulai kariernya sebagai wartawan di Trax Magazine pada 2004-2005. Kariernya kemudian meningkat sebagai seorang editor di majalah Playboy Indonesia. Pencapaian jurnalismenya ditutup dengan menjadi editor Rolingstone Indonesia. Tidak mengherankan jika pria berkacamata ini memang gokil banget terkait dengan tulis-menulis.

Selain itu, ia sempat menjadi seorang penyiar radio. Selama 4 tahun, bintang Mau Jadi Apa ini melakukan siaran di 91,6 Indika FM. Selama bekerja di Rolingstone Indonesia, ia juga kerap menjadi seorang MC dengan gaya kocak. Dari sanalah, akhirnya mulai 2010 ia mengepakkan sayap di dunia komedi. Itulah mengapa sekarang ini publik mengenalnya sebagai jebolan Stand Up Comedy.

Dengan perjalanan yang panjang, Soleh memandang pencapaiannya hingga kini sebagai proses kehidupan. Namun, yang ia tekankan ialah sejak berkuliah ia memang sudah tertarik berkecimpung di dunia hiburan. Karena itu, ia memulai karier di dunia hiburan sebagai seorang wartawan. "Dulu gua bisanya nulis jadi ya nulis aja," tambah pria asal Bandung ini. Proses yang terus berlanjut itulah yang membuatnya sekarang memiliki karier dunia hiburan di depan layar.

Untuk karier di masa depan, pria berkacamata ini mengaku belum memiliki rencana. Yang terpenting bagi Soleh, selama jalur hidupnya berada di dunia hiburan, akan selalu ia nikmati. "Yang pasti gua dari dulu senang kerja di dunia hiburan. Entah wartawan, pelaku atau apa pun, yang penting ada di jalur hiburan," tukasnya.

Lebih jauh, ia mengaku baru saja selesai terlibat dalam film garapan sutradara Monti Tiwa. Dalam film itu Soleh tak akan mengarahkan, tappi bermain bersama aktor lain. Namun, Soleh belum bisa membocorkan tanggal rilis film tersebut. Yang pasti film tersebut akan tayang tahun depan.

Meskipun sibuk di dunia peran, Soleh tetap menunjukkan kecintaannya pada dunia musik. Hal itu ia wujudkan dengan turut mendukung festival musik keras tahunan, Hammersonic.(Ikh)

Kredit : digdo


Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH