Fashion
Dari Gaun Pengantin ke Rompi Tentara, Jenama Bridal Ukraina Ikut Bela Negara Jenama bridal Mila Nova memproduksi gaun pengantin dan rompi tentara. (Khaleej Times)

JENAMA fesyen Ukraina Milla Nova, yang dikenal dengan gaun pengantin, kini memproduksi pakaian untuk tentara dan pekerja medis setelah invasi militer Rusia.

Gaun karya jenama tersebut sudah tersebar di butik pengantin di 50 negara termasuk AS, Inggris, Prancis, dan Tiongkok. Karyawan Milla Nova telah bekerja tanpa lelah selama dua minggu terakhir untuk memenuhi pesanan gaun pengantin untuk pasar internasional sambil membuat pakaian masa perang.

BACA JUGA:

Menjaga Perut Pengungsi di Perbatasan Ukraina Tetap Terisi

"Seiring dengan membuat pengantin di seluruh dunia bahagia, kami fokus menyelamatkan negara kami," kata CEO perusahaan Ulyana Kyrychuk, yang sangat bertekad untuk terus mempertahankan bisnis meskipun banyak tantangan serius dari perang.

mila nova. ukraina
Bridal Milla Nova dapat dengan cepat mendapatkan bahan yang diperlukan untuk produksi. (TMV News)

Foto-foto dari Milla Nova yang dibagikan kepada CNN menunjukkan perempuan merajut jaring militer dan penjahit membuat hoodie bulu dan rompi tentara dengan corak kamuflase. Bekerja dengan jaringan pemasoknya, jenama tersebut dapat dengan cepat mendapatkan bahan yang diperlukan untuk produksi. Kyrychuk mengatakan kepada CNN bahwa mereka telah membuat 1.500 item perlengkapan perang itu.

Kyrychuk mengatakan ia mulai menyusun serangkaian rencana sebelum invasi Rusia ke Ukraina dan fokus untuk mendukung stafnya. Setiap keputusan yang dia buat ialah dengan mempertimbangkan kepentingan mereka.

mila nova bridal
Gaun Milla Nova sudah tersebar di butik pengantin di 50 negara termasuk AS, Inggris, Perancis, dan Tiongkok. (CNN)

Banyak staf melakukan perjalanan panjang melalui Lviv, tempat perusahaan bermarkas, untuk mencapai pabrik, bekerja lembur untuk membantu membuat pakaian guna mendukung upaya pertahanan Ukraina, selain melakukan tugas rutin mereka. Kyrychuk mengonfirmasi semua karyawan dibayar pada Februari dan tim manajemennya bekerja sepanjang waktu untuk mengatur proses bisnis dan membayar orang-orang mereka.

"Tujuan utama saya sebagai CEO ialah untuk melindungi orang dan memastikan masa depan mereka," katanya, seraya menambahkan bahwa pihaknya juga siap menerima karyawan baru dari Ukraina timur yang baru-baru ini menjadi pengungsi.

Bekerja untuk meningkatkan semangat

mila nova bridal
Para penjahit Milla Nova juga menjahit gaun edisi khusus bertema Ukraina dengan warna kuning dan biru. (Khaleej Times)

Milla Nova saat ini mempekerjakan 600 pekerja. Mereka yang berbasis di Lviv diberi pilihan untuk pergi ke negara tetangga Polandia, tempay sebuah rumah produksi darurat didirikan di Warsawa setelah invasi.

Sejauh ini, 70 karyawan telah dievakuasi ke ibu kota Polandia. Sekitar 450 staf tetap di Lviv, sedangkan lainnya telah membuat rencana sendiri untuk melarikan diri ke perdesaan atau keluar dari Ukraina. Sebanyak 98 persen pekerja mereka ialah perempuan, banyak di antaranya ialah ibu-ibu sehingga relokasi oleh perusahaan banyak melibatkan anak-anak kecil.

Para penjahit di Polandia telah membuat gaun edisi khusus bertema Ukraina dengan warna kuning dan biru. Beberapa anak mereka terlibat dalam pembuatan gaun ini sebagai cara untuk meningkatkan semangat. Kyrychuk mengatakan rencananya ialah menjualnya sebagai NFT (non-fungible token) untuk mengumpulkan dana amal bagi Ukraina. Dia berharap mereka pada akhirnya dapat mengalihkan produksi dari kebutuhan perang untuk kembali membangun kota-kota yang hancur.

Kyrychuk mengatakan dia sangat bangga dengan timnya, atas dedikasi dan kesetiaan yang luar biasa, terutama menunjuk pada peran penting perempuan dalam perang yang peduli dan melindungi, berdoa, dan percaya.(aru)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Etika Berwisata Penting untuk Diperhatikan oleh Pelancong
Fun
Etika Berwisata Penting untuk Diperhatikan oleh Pelancong

Yuk jadi wisatawan lokal yang beretika.

Perjalanan Karya Sastra yang Tak Pernah Mati Meski Terbakar Waktu
Fun
Perjalanan Karya Sastra yang Tak Pernah Mati Meski Terbakar Waktu

Bak roda kehidupan yang berputar, aliran, warna, serta ciri khas karya sastra tiap abad juga ikut berputar.

Facebook dan Instagram Tak akan Memotong Pendapatan Kreator hingga 2024
Fun
Hati-hati pada Zodiak Pencemburu
Fun
Hati-hati pada Zodiak Pencemburu

Dalam satu lingkungan pasti ada seseorang yang memiliki sifat iri.

Makna Bunga Teratai di Opening Ceremony SEA Games 2021 Vietnam
Fun
Makna Bunga Teratai di Opening Ceremony SEA Games 2021 Vietnam

SEA Games 2021 berlangsung di Hanoi, Vietnam.

iPad Mini Model Baru akan Datang di Akhir 2023
Fun
iPad Mini Model Baru akan Datang di Akhir 2023

iPad Mini berikutnya juga akan tiba dengan prosesor baru

Chicco Jerikho akan Tampil Bareng Kim Se-jeong dan Ahn Hyo-seop
ShowBiz
Chicco Jerikho akan Tampil Bareng Kim Se-jeong dan Ahn Hyo-seop

Akan main di mini seri tentang office romance.

Tanam 11.000 Pohon, Sharp Gaungkan Kampanye #baktiuntuknegeri
ShowBiz
Tanam 11.000 Pohon, Sharp Gaungkan Kampanye #baktiuntuknegeri

Sharp melakukan program penanaman 11.000 pohon di lahan seluas 30 KM sepanjang aliran sungai Citarum desa Wadas, Sungai Cibeet desa Parungsari, Sungai Citarum Desa Adiarsa dan lokasi pegunungan Loji kecamatan Tegal Waru.

Synchronize Fest Bagikan 100 NFT Tiket Gratis Seumur Hidup
ShowBiz
Synchronize Fest Bagikan 100 NFT Tiket Gratis Seumur Hidup

Tiket NFT Synchronize Fest diundi pada 19 Mei 2022.

Ketika Penjualan Tiket Konser Ganti Status Jadi 'Pre Sale'
ShowBiz
Ketika Penjualan Tiket Konser Ganti Status Jadi 'Pre Sale'

Saat ini banyak konser yang menjual tiket dengan sistem pre sale.