Dari E-Mail sampai Musik, Artificial Intelligence Tenyata Dekat Banget dengan Kehidupan Milennials Teknologi AI ternyata dekat banget dengan kehidupan milennials. (Foto: pixabay/comfreak)

PERNAH dengar istilah artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan? Dalam film-film futuristik, AI sering kali digambarkan dalam bentuk robot canggih serbabisa.

Meskipun istilahnya terdengar 'mengintimidasi', ternyata kecerdasan buatan sangat dekat lo dengan kehidupan kita. Sejumlah hal yang akrab kamu gunakan ternyata memanfaatkan AI untuk bisa berfungsi.

Berikut 5 AI yang sering kamu manfaatkan.

1. Komunikasi E-Mail

e-mail
AI di Gmail mensortir surat-surat kamu ke label yang tepat. (foto: pixabay/ribkhan)


Layanan surat elektronik, seperti Gmail, menggunakan AI untuk memudahkan pengguna. Seperti dilansir Medium.com, AI dalam e-mail Google bertugas memastikan surat yang kamu terima mendarat di tempat yang tepat.

AI di Gmail akan menyortir surat kamu ke dalam label-label tertentu, seperti primary, social, promotion, updates, forums, dan spam. Dengan begitu, kamu enggak perlu lagi bingung memisahkan e-mail bisnis dan notifikasi medsos.

Selain itu, AI di Gmail juga memberikan smart replies. Hal itu memungkinkan kamu membalas surat elektronik dengan frasa singkat. Cukup dengan sekali klik. Fitur smart replies ditawarkan Gmail sesuai dengan konten setiap e-mail.

Canggihnya lagi, fitur ini menirukan gaya menulis pemilik e-mail dengan cukup bagus.

2. Media Sosial

social media
Dengan AI di media sosial, kamu bisa berkomunikasi dan menemukan teman atau bahkan rekan bisnis. (foto: pixabay/firmbee)


Setuju dong ya kalau media sosial mendekatkan jarak dengan teman di lain kota atau bahkan lain benua. Ya, secara positif, memang itulah tujuan utama media sosial.

Prinsip itulah yang mendasari kerja AI dalam memperbagus media sosial. Kecerdasan buatan memungkinkan kamu menemukan dan berkomunikasi dengan teman atau bahkan rekan bisnis.

Dikutip Beebum.com, AI mengurasi segala hal yang kamu lihat di feed media sosial kamu. Caranya, AI mempelajari gerak-gerik kamu di dunia maya, pencarian daring, hingga interaksi di medsos. Dari data itu, AI akan menentukan apa-apa yang ditampilkan di feed kamu.

Contohnya nih, kamu pernah mencari secara daring foto sneakers terbaru. Nah, ketika masuk ke akun medsos kamu, jangan heran jika tiba-tiba ada iklan atau saran untuk akun atau promo sneakers. Jenius kan.

Benang merahnya sih, AI akan membuat kamu ketagihan membuka-buka media sosial karena aplikasi itu tahu banget apa yang lagi kamu cari, senangi, dan minati.

Kredit : dwi


Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH