Dari Detoks Sampai Lawan Sel Kanker, Ketahui Berbagai Manfaat Daun Pepaya Daun pepaya memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh (Foto_ Pixabay_Torricojc)

PEPAYA merupakan salah satu buah yang umum dikonsumsi oleh banyak orang, khususnya di negara tropis. Selain mudah ditemukan, rasanya yang manis menjadikannya buah yang hampir selalu ada di samping kudapan. Tidak hanya orang dewasa, anak kecil juga sangat suka mengkonsumsi buah ini. Buah pepaya juga bisa dijadikan camilan sehat rendah kalori. Salah satu manfaat dari buah pepaya adalah untuk mengatasi sembelit.

Tetapi tak banyak orang tahu bahwa tidak hanya buahnya saja yang memiliki banyak manfaat, begitu pula daun pepaya yang jarang dikonsumsi orang. Daun pepaya ternyata memiliki khasiat untuk melawan beberapa penyakit dan memperbaiki sel-sel di dalam tubuh kita. Penasaran? Yuk intip ulasan berikut ini!

Baca juga:

Manfaat Luar Biasa dari Jus Daun Pepaya

1. Detoks

Dari Detoks Sampai Lawan Sel Kanker, Ketahui Berbagai Manfaat Daun Pepaya
Sebagai detoks tubuh (Foto: Pixabay/Silviarita)

Beberapa jenis masakan di Indonesia menggunakan daun papaya sebagai bahan utama lho. Biasanya paling enak dijadikan masakan yang pedas, karena segarnya daun pepaya sangat cocok disajikan dengan bumbu pedas.

Baca juga:

Sayur dan Buah Ini Terkenal Ampuh Detoks Racun dalam Tubuh

Siapa sangka ternyata memakan daun papaya dapat menghancurkan racun di dalam tubuh? Kandungan zat yang terdapat pada daun pepaya dipercaya dapat membunuh bakteri di dalam perut sehingga biasa dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang menjalankan program diet. Bisa tetap makan enak, perut buncit pun lama-lama hilang!

2. Nyeri Haid

Dari Detoks Sampai Lawan Sel Kanker, Ketahui Berbagai Manfaat Daun Pepaya
Meredakan nyeri haid (Foto: Pinterest/Naturallydaily.com)

Daun pepaya mengandung enzim papain yang mampu meredakan nyeri haid. Cara mengkonsumsinya juga cukup mudah, cukup direbus bersama asam jawa dan garam kemudian minum selagi masih hangat. Selain enzim papain, terdapat vitamin A dan C untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

3. Melawan Sel Kanker

Dari Detoks Sampai Lawan Sel Kanker, Ketahui Berbagai Manfaat Daun Pepaya
Melawan sel kanker (Foto: Pixabay/Clker-Free-Vectors-Images)

Dilansir dari guidedoc.com, daun pepaya mengandung antioksidan tinggi yang mampu melawan sel-sel radikal yang terdapat di dalam tubuh.

Baca juga:

Kenali Kanker, ini 5 Sel Pemicunya

Sel-sel tersebut lama-lama akan berubah menjadi jaringan kanker yang berkembang di dalam tubuh dengan cara menggerogoti organ-organ manusia. Biasakan memakan daun papaya secara rutin agar terhindar dari penyakit kanker.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Dari Detoks Sampai Lawan Sel Kanker, Ketahui Berbagai Manfaat Daun Pepaya
Menjaga kesehatan kulit (Foto: Pixabay/Office469)

Antioksidan yang terkandung dalam daun papaya juga berfungsi untuk meningkatkan produksi kolagen. Dengan begitu kulit kamu akan senantiasa terlihat muda karena tetap kencang dan kenyal.

Baca juga:

Sederet Manfaat Kesehatan dari Daun Talas

Antioksidan dalam daun pepaya juga dapat mengurangi kerutan dalam wajah serta bintik hitam akibat paparan sinar UV. (mar)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH