Dari Daging sampai Bijinya, Kelengkeng Punya Banyak Manfaat

Dwi AstariniDwi Astarini - Senin, 18 Maret 2019
Dari Daging sampai Bijinya, Kelengkeng Punya Banyak Manfaat
Enggak selalu bikin batuk, buah kelengkeng punya banyak manfaat. (foto: indiamart)

BUAT kamu penyuka buah, kelengkeng sudah enggak asing lagi buat kamu. Buah dengan nama ilmiah Dimocarpus longan ini berasal dari Tiongkok. Namun, buah ini mudah ditemukan di seluruh negara dengan iklim tropis, termasuk Indonesia.

Buah yang sering diidentikan dengan buah pembawa batuk ini kebanyakan digemari anak-anak. Rasanya yang manis memang bisa menjadi bibit batuk bila dikonsumsi secara berlebihan. Meskipun demikian, kelengkeng punya banyak manfaat lo buat tubuh kamu.

1. Kaya vitamin C, A, dan mineral

buah kelengken
Kandungan vitamin pada kelengkeng bagus untuk melindungi tubuh dari flu. (foto: gardeningsolution.com)

Buah kelengkeng mengandung banyak Vitamin C dan berbagai mineral yang dibutuhkan tubuh, seperti zat besi, fosfor, potasium, dan magnesium. Dengan kandungan vitamin A yang melimpah, buah kelengkeng juga bisa melindungi tubuh dari pilek dan meningkatkan kekebalan tubuh. Buah ini juga bisa memperlambat dan mencegah proses oksidasi yang bisa memicu rusaknya sel-sel dalam tubuh.

2. Sebagai antidepresan

buah kelengkeng
Kelengkeng memberi efek tenang. (foto: emirates247.com)

Buah kelengkeng sangat dianjurkan untuk orang-orang yang depresi. Buah ini memberikan efek tenang dan juga meningkatkan fungsi pada saraf. Kelengkeng juga bisa mengurangi insomnia dan membantu mereka yang menderita kesulitan tidur.

Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan