Dari Buku ke Layar Lebar, 5 Novel ini Tayang di 2018 Nicole Kidman berperan dalam Boy Erased yang diangkat dari novel karya Garrard Conley. (foto: Youtube)

APA jadinya dunia tanpa buku? Pasti akan terasa tak hidup dan tanpa imajinasi. Buku memang selalu jadi sumber penghiburan dan ide bagi pembacanya. Bahkan, dunia perfilman pun tak jarang memetik ide cerita dari buku.

Suka film Harry Potter kan? Nah, film laris tersebut diadaptasi dari seri buku Harry Potter karya JK Rowling. Ada juga seri Bridget Jones' Diary, Gone Girls, bahkan film epik Lord of the Rings yang diangkat dari buku karya JRR Tolkien.

Bahkan sebelum buku-buku laris itu muncul ke layar lebar, beberapa karya klasik seperti Gone with the Wind, The Three Musketeers, hingga sejumlah karya Shakespeare.

Di tahun ini, sejumlah film adaptasi novel pun kembali diproduksi Hollywood, semisal Red Sparrow, Fifty Shades Freed, Maze Runner: Death Cure, dan Peter Rabbit. Namun, itu baru sebagian. Masih ada beberapa novel yang akan difilmkan di 2018 ini.

Yuk, simak 5 novel yang tayang di layar lebar pada 2018.

1. The Guernsey Literary and Potato Peel Society (Mary Ann Shaffer & Annie Barrows)

Berlatar Perang Dunia II di London, buku ini mendasarkan alur ceritanya dalam bentuk surat-meyurat antarkarakter dalam buku.

The guernsy literary
(foto: goodreads)

Juliet Ashton, seorang penulis, menemukan ide menulis buku dari korespondensi yang ia jalin bersama beberapa penduduk Gernsey tentang pendudukan Nazi di pulau tersebut. Untuk keperluan penulisan yang lebih mendalam dan mengena, Juliet pun pergi ke Guernsey untuk bertemu sahabat penanya selama ini.

Lily James akan memerankan karakter Juliet Ashton dalam film yang disutradarai Mike Newell tersebut. Meski berlatar PD II, kisah yang ditawarkan tak suram layaknya film perang. Kisah yang diangkat lebih mengedepankan jalinan percakapan antara sang penulis dan para penduduk pulau. Ada sisi humor di sana yang akan menjadi daya tarik.

2. Forever My Girl (Heidi McLaughlin)

Tak sedikit novel romansa yang jadi hit setelah difilmkan. Buku-buku romansa karya Nicholas Spark seperti The Notebook berhasil difilmkan dengan sangat menyentuh. Kini, buku novel romansa karya Heidi McLaughlin yang diangkat ke layar lebar.

Berbeda dengan The Notebook, novel Forever My Girl memasukkan unsur musik ke dalamnya. Tak mengherankan jika filmnya pun menyandang genre romansa/musikal. Kisah berawal dari bintang rock ternama, Liam, yang kembali ke kampung halaman setelah satu dekade.

(foto: Goodreads)

Di saat itulah, ia bertemu kekasih masa SMA-nya, Josie, yang ia tinggalkan patah hati. Kisah pun berputar pada apakah mereka akan bersama kembali atau tidak.


3. The Girl in the Spider’s Web (David Lagercrantz)

Buku ini merupakan kelanjutan dari trilogi Millennium. Buku pertama, The Girl in Dragon Tattoo dituliskan Stieg Larsson.

(foto: goodreads)

Diceritakan, Salander dan Blomkvist kembali bersatu untuk menginvestigasi sebuah organisasi yang disebut Spider Society. Aksi kejahatan siber dan konspirasi kriminal mewarnai kisah buku ini. Itulah yang membuatnya pas sebagai racikan untuk menjadi film blockbuster.

The Girl in the Spider’s Web diperankan Claire Foy sebagai Lisbeth Salander dan Sverrir Gudnason menjadi Mikael Blomkvist. Filmnya sendiri baru akan rilis pada 9 November mendatang.

4. A Wrinkle in Time (Madeleine L’Engle)

Novel fantasi-sains A Wrinkle in Time pertama kali terbit pada 1962 dan langsung jadi bahan perbincangan. Cerita novel ini berputar di kehidupan Charles Wallace Murry yang mencari sang ayah lewat 'wrinkle in time'. Perjalanan itu pun menjadi sebuah petualangan seru buatnya.

(foto: Goodreads)

Bukan kali ini saja A Wrinkle in Time diangkat ke layar lebar. Sebelumnya, novel ini telah muncul dalam versi serial. Dalam versi terbaru, Reese Whiterspoon, Oprah Winfrey, dan Mindy Kaling menjadi tiga sosok malaikat penjaga yang menemani Charles.


5. Boy Erased (Garrard Conley)

Novel Boy Erased ditulis berdasar memoar sang penulis, Garrard Conley, yang berjuang memahami seksualitas dirinya di usia yang amat belia. Di usia 19 tahun, Conley dihadapkan pada pilihan apakah antara meninggalkan rumah atau mengikuti program gereja untuk mengubah homoseksualitasnya.

(foto: Goodreads)

Namun, dalam didikan program yang ketat, Conley bukannya menjadi heteroseksual yang taat pada Tuhan, ia malah membebaskan diri untuk mencari jati dirinya yang sebenarnya.

Tulisan menyentuh ini akan difilmkan dengan Nicole Kidman, Russell Crowe, dan Lucas Hedges sebagai bintangnya. nantikan kehadiran film ini pada 28 September mendatang.(dwi)

Kredit : dwi

Tags Artikel Ini

Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH