Dari 17 Letjen TNI AD Calon KSAD, Hanya Ada Satu Peraih Adhi Makayasa

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Selasa, 09 November 2021
Dari 17 Letjen TNI AD Calon KSAD, Hanya Ada Satu Peraih Adhi Makayasa
Pangkostrad TNI AD, Letjen TNI Dudung Abdurachman. Foto: MP/Kanu

MerahPutih.com - Pengamat militer Universitas Paramadina, Anton Aliabbas, menilai ada 17 perwira TNI AD berpangkat letnan jenderal (Letjen) memiliki peluang menggantikan Jenderal Andika Perkasa menjadi KSAD.

16 orang pati TNI AD merupakan lulusan Akademi Militer 1986-1989 dengan rentang usia mendekati pensiun bervariasi, dan hanya seorang yang berasal dari Sepamilsuk 1989.

"Selain itu, hanya satu dari 17 pati tersebut yang tercatat sebagai peraih Adhi Makayasa," ujar Anton dalam keterangannya, Selasa (9/11).

Baca Juga

Cerdas dan Berwibawa, Jenderal Andika Perkasa Dinilai Cocok Jadi Panglima TNI

Saat ini Pati TNI AD berpangkat Letjen yang masih aktif yakni Wakil Menteri Pertahanan, Letjen Muhammad Herindra. Berdasarkan Pasal 71 UU TNI, usia pensiun perwira paling lama adalah 58 tahun. Dari 17 pati tersebut, tiga orang akan pensiun pada tahun ini, delapan orang pati akan pensiun pada tahun 2022, tiga orang pati TNI pensiun pada tahun 2024, dan dua orang pati TNI akan pensiun pada tahun 2025.

"Siapa yang akan menjabat Kasad? Sesuai dengan Pasal 14 UU TNI adalah prerogatif Presiden atas usul Panglima TNI," beber dia.

Pangkostrad TNI AD, Letjen TNI Dudung Abdurachman. Foto: MP/Kanu

Dalam hal ini, Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi (Wanjakti) akan membantu Panglima TNI dalam merumuskan siapa saja nama-nama yang diajukan kepada Presiden.

Baca Juga

Pangdam Jaya Mayjen Dudung Jadi Pangkostrad



Kepala Center for Intermestic and Diplomatic Engagement (CIDE) ini menyebutkan ada beberapa jalur untuk menjadi Kasad. Ada yang dari "jalur" Pangkostrad, seperti Gatot Nurmantyo, Mulyono, dan Andika Perkasa.

"Ada yang dari 'jalur' Wakil Kasad, seperti Moeldoko, Endriartono Sutarto, dan Djoko Santoso. 'Jalur' lain-lain, yakni Budiman (Sekjen Kemhan)," ucap Anton. (Knu)

#KSAD #Jenderal Andika Perkasa
Bagikan
Bagikan