Darah Tinggi Akibat Banyak Makan Kambing? Netralisir Dengan 4 Makanan Ini! konsumsi makanan-makanan ini jika tekanan darah melonjak akibat daging kambing (Foto: Pixabay/stafichukanatoly)

HARI raya Idul Adha membuat intensitas konsumsi daging kambing sebagian dari kita meningkat. Mulai dari sate kambing, sup iga kambing, kambing panggang, sampai karebosi, dan berbagai hidangan yang diolah dari daging kambing ini tentunya sangat menggugah selera.

Melansir laman cheatsheet, para dokter memang mengatakan daging merah dan makanan yang asin bisa memicu tekanan darah yang tinggi, termasuk daging kambing. Untuk menetralisir tekanan darah yang tinggi akibat makan daging kambing, kamu bisa konsumsi beberapa makanan di bawah ini!

Baca juga:

Turunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Kilat, Asup Makanan Ini

1. Pisang

Darah Tinggi Akibat Banyak Makan Kambing? Netralisir Dengan 4 Makanan Ini!
Pisang mengandung potasium yang tinggi. (Foto: pixabay/TheDigitalArtist)

Pisang menjadi salah satu makanan terbaik yang bisa kamu konsumsi guna untuk menurunkan tekanan darah. Makanan yang memiliki kandungan potasium yang tinggi mampu mengatur tekanan darah, karena mampu memperkecil pengaruh dari sodium.

2. Yogurt rendah lemak

Darah Tinggi Akibat Banyak Makan Kambing? Netralisir Dengan 4 Makanan Ini!
Yogurt mampu menyehatkan usus dan menurunkan tekanan darah. (Foto: pixabay/ponce_photography)

Yogurt memang memiliki manfaat melimpah bagi tubuh. Selain mampu membantu program diet, yogurt juga mengandung protein dan kalsium yang memberikan bakteri baik yang bermanfaat untuk kesehatan ususmu. T

idak hanya itu, THEDASH Diet mengatakan dalam lamannya bahwa yogurt rendah kalori (lemak) mampu menurunkan tekanan darah. Kamu juga bisa mengonsumsi susu rendah kalori untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Baca juga:

10 Cara Alami Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

3. Ikan

Darah Tinggi Akibat Banyak Makan Kambing? Netralisir Dengan 4 Makanan Ini!
Salmon memiliki protein dan omega-3 tinggi. (Foto: pixabay/cattalin)

Semua orang membutuhkan protein, namun kamu harus menghindari daging merah jika kamu memiliki tekanan darah yang tinggi. Ikan mengandung lemak jenuh yang lebih sedikit sehingga kamu bisa menjadikan ikan sebagai pilihan untuk hidangan kamu.

Dilansir dari laman heart.org, ikan mengandung asam lemak yaitu omega-3 yang juga mampu mengurangi resiko penyakit kardiovaskular. Pilihan ikan yang paling tepat untuk menjaga kesehatan tubuh adalah ikan halibut, tuna, dan salmon.

4. Kacang-kacangan

Darah Tinggi Akibat Banyak Makan Kambing? Netralisir Dengan 4 Makanan Ini!
Kacang bisa merendahkan kolesterol. (Foto: pixabay/sunnysun0804)

Kacang juga salah satu makanan yang mengandung omega-3 sehingga mampu membantu mengurangi tekanan darah yang tinggi.

Kacang juga mampu merendahkan kolesterol. Pilihan kacang yang bisa kamu pilih untuk menjaga kesehatan antara lain adalah pistachio dan kacang kenari. (shn)

Baca juga:

Daging Kambing Bikin Tekanan Darah Naik, Benarkah?



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH