Dapatkah Pengobatan Alternatif Diterapkan pada Anjing?

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Sabtu, 03 Juni 2017
Dapatkah Pengobatan Alternatif Diterapkan pada Anjing?
Kiropraktik dapat menjadi metode alternatif untuk menyembuhkan gangguan saraf pada anjing (Foto: freeimages)

Masyarakat Indonesia kerap menyukai metode pengobatan alternatif. Namun, apakah pengobatan alternatif juga dapat diterapkan pada hewan?

Banyak yang bertanya-tanya akan kemungkinan akupunktur diterapkan pada seekor anjing. Alicia Karas, asisten profesor di Sekolah Kedokteran Hewan Universitas Tufts, Massachusetts, AS, mengatakan bahwa akan sulit dipastikan pengobatan alternatif dapat berhasil pada anjing. Berikut penjelasannya.

Akupunktur

Pada dasarnya, akupunktur dapat memberikan beberapa efek dalam suatu pengobatan, tetapi juga harus dilakukan beberapa terapi pendampingan. Akupunktur efektif untuk mengobati beberapa kondisi kronis, seperti sakit punggung, penyakit sistem saraf, dan radang sendi.

Meskipun beberapa penelitian menunjukkan metode tersebut dapat berhasil, tetapi sulit pula menyatakan pengobatan tersebut dapat berhasil sepenuhnya. Hal ini menjadi demikian lantaran pasien, tidak dapat menjelaskan apa yang mereka rasakan. Bisa jadi hanya "efek placebo", pengobatan dengan sugesti bahwa rasa sakit berkurang, padahal tidak ada hal yang terjadi.

Itu sebabnya penting bagi dokter hewan melakukan pemeriksaan menyeluruh untuk memastikan efektivitas pengobatan tersebut. Kesimpulannya, para ahli menegaskan meski akupunktur dapat menjadi metode lain, namun bukan berarti sama sekali menggantikan metode seperti X-ray, operasi, dan obat-obatan.

Kiropraktik

Kiropraktik (chiropractic) adalah metode pengobatan pada sistem saraf tulang belakang. Metode ini disebut lebih berhasil daripada akupunktur. Tak hanya menyembuhkan gangguan tulang belakang, jari-jari dan pinggang juga dapat dipulihkan. Pengobatan ini akan lebih efektif pada anjing yang lebih tua. Para ahli menyarankan agar menggunakan terapis yang ahli dalam mengobati tulang belakang hewan. Asosiasi Kiropraktik Dokter Hewan Amerika (American Veterinary Chiropractic Association) mengeluarkan sertifikat bagi terapis ahli kiropraktik hewan.

Pijat

Pijat merupakan pengobatan efektif yang dapat mengatasi rasa sakit akibat cedera dan pascapembedahan, juga radang sendi. Metode ini dapat membantu anjing atau kuda untuk pulih dari cedera olahraga. Namun, akan lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter hewan yang terbuka dalam konsultasi pengobatan alternatif semacam ini.

Baca juga artikel Olahraga Menjadi Menyenangkan Bersama Anjing Kesayangan.

#Anjing #Merawat Anjing #Anjing Peliharaan #Akupunktur
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan