Dapat Uang Rp75.000, FX Rudy Tegaskan Sebagai Simbol Kebhinekaan Walikota Solo dapat uang Rp75.000. (Foto: Ismail/Jawa Tengah)

MerahPutih.com - Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo menjadi orang pertama di Solo yang mendapatkan uang baru Rp75.000 atau uang edisi khusus Kemerdekaan atau HUT ke-75 RI. Secara simbolis uang tersebut diberikan langsung Kepala Bank Indonesia Surakarta, Bambang Pramono pada Wali Kota Solo di Balai Kota, Senin (17/8).

"Saya dikasih tahu Kepala BI Surakarta mau memberikan sovenir uang baru edisi kemerdekaan ke-75 RI yang baru dirilis BI," ujar Rudy sapaan akrabnya.

Pemberian uang tersebut diberikan usai kegiatan penurunan bendera di komplek Balai Kota Solo. Uang baru ini akan dijadikan sebagai kenang-kenangan bukan sebagai alat tukar.

Baca Juga:

Mengenal Lebih Dalam Uang Kertas Pecahan Rp 75.000

"Ya ini (uang pecahan edisi kemerdekaan ke-75 RI) sebagai kenang kenangan saja. Sekaligus sebagai momentum dalam bergotong-royong, mewujudkan komitmen bersama membangun Kota Solo", ujar Rudy.

Politikus PDIP ini mengatakan, uang peringatan kemerdekaan ke- 75 RI memiliki tema mensyukuri kemerdekaan, memperteguh kebhinekaan, dan menyongsong masa depan gemilang yang digambarkan dengan desain peristiwa historikal proklamasi 17 agustus 1945.

"Saya dukung langkah Presiden Jokowi ini. Bagi saya ini mewujudkan semangat mensyukuri kemerdekaan harus sentiasa di gelorakan di tengah tengah masyarakat," papar dia.

Rudy berharap, uang pecahan baru senilai Rp75.000 mampu mengingatkan masyarakat akan kemerdekaan RI yang sudah berusia 75 tahun. Dengan usia ini negara harus maju bersama rakyatnya.

"Ini saya yang pertama secara simbolis mendapatkan uang pecahan edisi kemerdekaan ke-75 RI," pungkas Rudy. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

Sarinah Bakal Difokuskan Jual Produk UMKM Asli Indonesia

Kanal