Dapat Suntikan Modal Usaha Rp 71 Miliar, Gibran Rakabuming Sempat Ditolak Investor Gibran Rakabuming Raka di Playfest 2019 (Foto: MP/Raden Yusuf Nayamenggala)

SEBUAH startup milik anak Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, belum lama ini dikabarkan mendapat suntikan dana senilai USD 5 juta atau sekitar Rp7 1 miliar. Pendanaan itu berasal dari modal Ventura Aplha JWC Ventures untuk Goola.

Goola sendiri merupakan startup bidang kuliner khususnya kinuman, yang dikembangkan oleh Gibran bersama rekannya Kevin Susanto sejak 2018.

Baca juga:

Content is the New Currency: Berbagi Ide Bersama Skinnyindonesian24 di Playfest 2019

Kabar suntikan dana pada Gibran yang bernilai fantastis sempat menuai berbagai spekulasi negatif, namun Gibran menanggapinya dengan santai. “Ya kalau ada kabar yang aneh-aneh soal dana itu sih, saya santai aja” ucap Gibran pada sebuah Talk Show Di Playfest 2019, dikawasan Senayan, Jakarta, (25/8).

Gibran Rakabuming Playfest 2019

Gibran Rakabuming hadir pada talk show di Playfest 2019 (Foto: MP/Raden Yusuf Nayamenggala)

Mendapat suntikan dana dengan nilai fantastis sendiri bukan perkara yang mudah, karena menyakinkan investor dibutuhkan kegigihan khusus, hal itu diakui oleh Gibran.

Mungkin orang beranggapan dengan embel-embel anak orang nomor satu di Indonesia, Gibran bisa dengan mudah menyakinkan para investor, Padahal pada kenyataanya tidak seperti itu. “Enggak gitu, Waktu itu bukan investor yang datang tapi saya yang mendatangi mereka” kata Gibran.

Tak hanya usaha gigih dari Gibran untuk mendatangi berbagai investor, bahkan putra sulung Jokowi tersebut kerap merasakan ditolak oleh investor. “Ada beberapa yang nolak, dia (investor) juga kan punya kewajiban mengembalikan uang untuk investor yang diatasnya lagi,

Baca juga:

Sheila on 7 Bikin Pengunjung Playfest 2019 Baper Seketika

Kalau ditolak sih ga sakit hati sih, paling kalo ditolak biasanya itu orangnya ga percaya sama saya” lanjut Gibran seraya tersenyum. Ketika mendapat penolakan, Gibran pun tak lantas menyerah begitu saja. Dia pun terus berusaha mencoba dengan berbagai cara hingga berhasil. “Abis Penolakan biasanya dicoba lagi dicoba lagi ..ada yang goal lah biasanya, Yang jelas kita melalui proses yang sama dari mulai ditolak terus nngajak makan mlm beberapa kali” kata dia.

Perihal goola, Gibran mengatakan ada alasan dibalik bisnis tersebut. Dia tak mau mainstream seperti bisnis minuman lain, Gibran ingin membuat sesuatu yang berbeda dengan mengangkat kearifan lokal berbalut kemasan modern. Hal itu lantaran Gibran melihat saat ini banyak sekali anak anak muda yang gemar minuman ala luar negeri dengan kemasan yang menarik.

Gibran Rakabuming Playfest 2019
Gibran Rakabuming bercerita jatuh bangun bisnisnya (Foto: MP/Raden Yusuf Nayamenggala)

“Sebenernya kalau kita eksplor minuman-minuman kita banyak banget minuman dan makanan yang bisa dikembangkan, makannya saya mengembangkan minuman tradisional seperti es doger dll tapi dikemas secara menarik seperti minuman luar negeri” tambahnya.

Perihal suntikan dana investasi yang fantastis untuk bisnis startup goola miliknya, bukan masuk ke kantungnya sendiri , tapi untuk melakukan pengembangan seperti membuat kemasan yang tak menggunakan plastik dan aman digunakan. Selain itu Gibran juga menambahkan jika dana investasinya digunakan juga untuk membuka cabang-cabang usaha goola miliknya.

Diakhir kata Gibran berpesan jika untuk memulai sebuah bisnis yang terpenting ialah memanfaatkan segala kemudahan promosi yang ada seperti halnya lewat media sosial, selain itu dia juga mengatakan mulailah usaha di usia yang semuda mungkin. (Ryn)

Baca juga:

Silent Talk Bersama Teguh Wicaksono di Playfest 2019

Kredit : raden_yusuf


Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH