Dapat Pinjaman Rp 22 Triliun dari Jepang, MRT Fase Dua Ditargetkan Selesai 2024 Direktur Utama PT. MRT Jakarta, Wiliam Sabandar (Antaranews/Susylo Asmalyah)

Merahputih.com - Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar menyatakan pembangunan Moda Raya Terpadu fase dua sudah masuk ke dalam proses lelang paket kontrak (contract package-CP) 200 untuk pembangunan gardu bawah tanah di Monumen Nasional (Monas).

"Kita dalam proses pelelangan untuk CP 201 dari Bunderan HI sampai Harmoni kemudian kita baru melakukan pelelangan paket-paket selanjutnya, tahun ini," kata William Sabandar, di Jakarta Pusat, Minggu (24/3).

Saat ini, proses sedang dalam pembebasan lahan utilitas dan diharapkan bila dilakukan pada tepat waktu, maka MRT Jakarta fase kedua rute Bunderan HI-Kota diharapkan selesai pada 2024.

"Anggarannya Rp22,5 triliun, kita dapat pinjaman dari pemerintah Jepang. Sekarang barangnya sudah tersedia, jadi tinggal dikerjakan," beber Wiliam.

Dia menambahkan hari ini akan diumumkan mekanisme apakah menggunakan sistem daring atau pakai tiket. "Saya akan umumkan sore ini mekanismenya seperti apa, tapi sebagaimana disampaikan oleh bapak presiden tadi ini akan dilakukan gratis," jelas dia.

MRT Jakarta
Pekerja melakukan perawatan segment tunnel (ruas terowongan) Mass Rapid Transit (MRT) di kawasan Senayan, Jakarta. (MP/Derry Ridwansah)

Berdasarkan pengalaman yang didapatkan apabila tumpahan masyarakat yang begitu banyak, agak kesulitan khususnya untuk menjaga keamanan semua penumpang dan khususnya menjaga ketertiban dan kebersihan.

Ada beberapa perilaku yang kurang terpuji dilakukan pengguna MRT. Contohnya, makan di dalam stasiun, bergantungan di gantungan dan berdiri di depan pintu.

"Kami mengajak dan bapak presiden sudah mengingatkan bahwa mohon dijaga milik kita," kata Wiliam dikutip Antara.

Berdasarkan evaluasi kemarin, maka hari ini pihak MRT membuka lagi 80 ribu kuota. Masyarakat diminta daftar melalui www.ayocobamrtj.com, sehingga ada keteraturan.

"Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Jakarta dan Indonesia tolong jaga, tolong rawat MRT ini dan mari berperilaku baik dan santun perilaku aturan MRT," tutup William. (*)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH