Dapat Penolakan, Pemkot Jakpus Batal Relokasi PKL Senen ke Pasar Kenari Suasana pedagang kaki lima di Jalan Senen Raya yang menggunakan badan jalan untuk menjajakan barang daganganya, Senin (18/11/2019). (ANTARA/Livia Kristianti)

MerahPutih.Com - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat batal memindahkan para Pedagang Kaki Lima (PKL) yang biasa berjualan di atas trotoar Pasar Senen ke Pasar Kenari Jakarta Pusat.

Tapi Pemkot Jakpus bakal merelokasi pedagang Pasar Senen ke Pasar Baru Metro Atom. Alasan relokasi ke Pasar Baru Metro Atom lantaran para pedagang menolak dipindahkan ke Pasar Kenari.

Baca Juga:

Awal Desember PKL di Trotoar Pasar Senen Direlokasi

"Mereka (PKL) dipindah ke Pasar Metro Atom. Jadi kita kemarin udah komunikasi (dengan pedagang), kita udah koordinasi, karena mereka tidak mau ke Pasar Kenari, jadi mereka kami mempertimbangkan (PKL) untuk dipindah ke Pasar Baru Metro Atom," kata Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi saat dihubungi, Senin (2/12).

Para pedagang kaki lima menjajakan dagangannya di trotoar Pasar Senen, Jakarta Pusat
Suasana pedagang kaki lima yang menjajakan barang dagangannya di trotoar dan badan Jalan Senen Raya, Pasar Senen, Jakarta Pusat, Senin (18/11/2019). (ANTARA/Livia Kristianti)

Irwandi menyampaikan, alasan lain pemerintah memilih memindahkan ke Pasar Baru Metro Atom karena sudah ada sembilan puluh pedagang baju layak pakai yang menjadi korban kebakaran Senen lebih dulu menempati pasar tersebut.

"Pedagang Senen yang berdagang di bahu jalan sebagian mau. Karena kan udah ada juga sekitar 87-90 PKL baju layak pakai yang dulu kebakaran masih tetap berjualan di sana," papar Irwandi.

Irwandi pun mengaku, pihaknya telah berkomunikasi dengan PD Pasar Jaya sebagai pengelola Pasar Baru Metro Atom untuk memberikan izin para pedagang Pasar Senen berjualan.

Ada sekitar 108 kios yang disiapkan oleh PD Pasar Jaya di Pasar Baru Metro Atom untuk merelokasi 104 pedagang yang telah dicatat Pemkot Jakpus.

“Ada 108 kios yang telah disiapkan untuk 104 pedagang (PKL Senen) sesuai data kami. Masih ada sisa mungkin pedagang mau ambil kios lebih dari satu," jelas Irwandi.

Irwandi menuturkan, pemindahan PKL Senen itu rencananya akan dilakukan pada pekan depan. Hal itu lantaran Pasar Baru Metro Atom tengah diperbaiki saat ini.

"Atom sudah siap sekitar 40 persen lah perbaikannta. Kita sih monitor terus ya kepada PD Pasar Jaya untuk perbaikin dipercepat. Sehingga pedagang bisa pindah sesuai target kami pekan depan," tutupnya.

Sedianya Pemkot Jakarta Pusat direncanakan merelokasi pedagang Pasar Senen ke Pasar Kenari pada 1 Desember 2019 kemarin. Namun para PKL Senen menolak untuk dipindahkan dan memilih di Pasar Baru Metro Atom.

Baca Juga:

Pedagang Pakaian Bekas Senen Direlokasi ke Pasar Kenari 1 Desember

"Per 1 Desember dia harus pindah (ke Pasar Kenaru) kan gitu. Karena nanti buat perbaikan underpass senen yang lagi dibangun," kata Irwandi saat dikonfirmasi, Selasa (19/11).

Adapun Pasar Senen habis dilalap api pada tahun 2017 silam. Akibat peristiwa itu pedagangnya memencar menjajakan dagangannya.(Asp)

Baca Juga:

Pengamat Pesimistis PKL Ikuti Aturan Anies Bila Berjualan di Trotoar

Kredit : asropih


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH