Dapat Nomor Urut, Begini Komentar 4 Paslon Pilgub Jabar Pengundian nomor urut Pilgub Jawa Barat. Foto: MP/Yugi Prasetyo

MerahPutih.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat sudah resmi menetapkan no urut kepada keempat pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat di Pilgub Jabar 2018 di SOR Arcamanik, Jalan Pacuan Kuda, Kota Bandung, Selasa (13/2) malam.

Pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) mendapatkan no urut satu. Untuk nomor urut dua jatuh kepada pasangan TB Hasanuddin-Anton Cahrliyan (Hasanah). Sementara untuk pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik) menadapatkan no urut 3. Dan untuk pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi (Dua DM) mendapatkan no urut 4.

Usai pemberian no urut, Ridwan Kamil mengatakan, hampir 90 persen pendukung RINDU mengharapkan no satu. Dia mengatakan, program yang bakal dilakukan ialah Jabar Juara, bukan juara ketiga, keempat, tapi Jabar juara itu juara kesatu.

"Jadi bikin slogannya enak, nomornya nomor satu sesuai dengan yang kita harapkan," ucapnya.

Dia mengatakan, kalau urusan program yang baik baik dari program Aher akan diteruskan, akan tetapi, pasangan Rindu punya cara baru.

"Tiap zaman ada pemimpinnya, tiap pemimpin ada zamannya. Tiap zaman ada problem baru, tiap problem baru lahir ke zaman baru," ucapnya.

Sedangkan, Wakilnya Uu Ruzhanul Ulum mengungkapkan, bahwa pada dasarnya semua penomoran itu sama. Akan tetapi ia melihat no satu ada kaitannya dengan tauhid atau keesanaan Tuhan.

"Lailahaillah kan satu, Pancasila satu ketuhanan," ucapnya.

Sementara itu, TB Hasanuddin mengaku, no dua itu sesuai dengan harapan dirinya dan Anton Cahrliyan. Dua itu bermakna keseimbangan, ada siang ada malam, ada wanita ada laki-laki, ada gelap ada terang, jadi kehidupan itulah.

"Dua itu adalah lambang kemenangan tapi dua juga dua kali untuk pak Jokowi," ujar Hasanuddin.

Adapun Anton Charliyan, mengungkapkan dua ini menunjukkan sama-sama dua jenderal. Kebetulan kita ini juga dua dokter, dua haji.

"Mudah-mudahan bisa juga untuk memenangkan dua kali pak Jokowi," ucapnya.

Mendapatkan no tiga, paslon Asyik berharap dengan pemberian no urut terhadap masing-masing pasangan calon, proses berjalan Pilkada bisa tertib dan damai.

"Saling merangkul tidak memukul. Memperbanyak kawan dan sahabat. Jadikan Jawa Barat sebagai contoh pemilihan Gubernur yang baik," ucapnya.

Disinggung mengenai makna no tiga, dipaparkan Sudrajat, pemberian no itu merupakan anugerah dari yang Maha Kuasa.

"Itu adalah no yang diberikan Allah kepada kami, dan mudah-mudahan menjadi nomor yang menjadikam kita bersemangat dan mencapai kemenangan yang kita idamkan," tuturnya.

Sementara bagi Syaikhu, nomor tiga menjadi nomor yang spesial. Karena no 3 no PKS dan Asyik ini ingin hattrick di Jawa Barat.

"Jadi mudah-mudahan kita menjadi kelanjutan dari Pak Gubernur yang sudah dua periode dan akan dilanjutkan oleh Sudrajat dan saya untuk yang ketiga kalinya," pungkasnya.

Sementara itu, mendapatkan nomor urut empat, Deddy Mizwar menceritakan pengalamannya bersama Ahmad Heryawan. "Saya dan Pak Aher ikut pemilihan gubernur dan wakil gubernur, itu dapatnya nomor urut empat, sekarang mengulang, jadi mengulang kesuksesan," ucapnya.

Deddy menegaskan, nomor empat itu, pertanda baik. Jadi harus berpikir positif terhadap ketentuan Allah, karena allah akan mengikuti prasangka umatnya.

Selain itu, ia mengatakan, pemberian nomor empat bukan rancangan sembarangan, tapi ada makna di dalamnya. "Ada rancangan Allah nih, empat jari, kemudian dapat nomor empat, DM atau Deddy - Deddy for Jabar," tegasnya.

Sedangkan Demul mengatakan, makna empat ialah Jabar sejajar. Itu punya arti ajarannya Jawa Barat kerajaan pajajaran yang mengajarkan kesetaraan, tidak ada orang yang ningrat, semuanya memiliki kesamaan hidup.

"Itu prinsip-prinsip yang dianut masyarakat jabar sehingga hari ini kita memiliki kesejajaran, tidak membeda-bedakan, yang satu merasa lebih tinggi, yang satu lebih rendah," ucapnya

Berita ini merupakan laporan Yugi Prasetyo, kontributor merahputih.com, untuk wilayah Bandung dan sekitarnya.


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH