Dapat Kenaikan Pangkat, Komjen Gatot Eddy Diharapkan Tingkatkan Kinerja Polri

Eddy FloEddy Flo - Kamis, 26 Desember 2019
 Dapat Kenaikan Pangkat, Komjen Gatot Eddy Diharapkan Tingkatkan Kinerja Polri
Komjen Gatot Eddy Pramono bersama Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Harry Kurniawan (MP/Kanu)

MerahPutih.Com - Kapolri Jenderal Idham Azis menaikan 114 perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen) satu tingkat lebih tinggi dalam Korps Kenaikan Pangkat di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan pada Kamis (26/12).

Dari total itu, terdapat tiga perwira tinggi yang dinaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi adalah mantan Kapolda Metro Jaya Komjen Gatot Eddy Pramono, Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo, dan Kabaharkam Polri Komjen Agus Andrianto.

Baca Juga:

Polri Dikritik Karena Sejumlah Orang 'Dekat' Jokowi yang Dapat Jabatan Prestisius

Selain itu, ada sembilan naik jadi Irjen, 12 Kombes naik ke Brigjen dan 90 orang AKBP resmi menjadi Kombes.

Komjen Gatot Eddy Pramono diharapkan bisa tingkatkan kinerja Polri
Komjen Gatot Eddy Pramono saat mendapat kenaikan pangkat dari Kapolri (MP/Kanu)

“Kepada Ibu Bhayangkari saya juga mengucapkan selamat dukung terus bapak bapaknya karena kehadiran ibu-ibu motivasi ibu-ibu sangat dibutuhkan oleh bapak-bapak di dalam mengarungi kedinasan di institusi Polri ini sekali lagi saya atas nama pribadi dan keluarga mengucapkan selamat atas anugerah ini,” kata Idham di Aula Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Kamis (26/12).

Kenaikan pangkat ini merupakan lanjutan dari keluarnya dua Surat Telegram (TR) yang diterbitkan oleh Kapolri melalui AS SDM Polri. Untuk posisi Kabaharkam dan Kabareskrim tertuang dalam Surat Telegram Kapolri ST/3229/XII/KEP./2019 yang diterbitkan Jumat 6 Desember 2019.

Komjen Gatot Eddy menjadi Wakapolri menggantikan Komjen (Purn) Ari Dono Sukmanto yang sudah memasuki masa pensiun. Sebelumnya, Gatot Eddy menjabat Kapolda Metro Jaya.

"Rekan-rekan yang beruntung dari AKBP ke kombes dan para pati, ada tiga momentum. Kita becermin, mensyukuri nikmat Tuhan, bisa setapak lebih tinggi dari kemarin, momentum berterima kasih kepada institusi yang membesarkan kita. Momentum berterima kasih kepada keluarga," ucap Idham Azis di aula Bareskrim lantai 9 Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (26/12).

Sejumlah anggota Polda Metro Jaya datang dan menyalami Gatot. Diantaranya Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Harry Kurniawan dan Kombes Heru Novianto.

Gatot mengaku bersyukur atas kenaikan pangkat ini. Ia berharap kinerja yang diberikan menjadi lebih meningkat.

Sebelumnya, 38 perwira tinggi Kepolisian RI dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) menyambangi Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (26/12).

Komjen Gatot Eddy Pramono akan menjabat sebagai Wakapolri dengan pangkat bintang tiga
Jabatan baru Komjen Gatot Pramono sebagai Wakalpori membuat pangkatnya naik jadi bintang tiga (MP/Kanu)

Dalam pertemuan tersebut, 38 perwira tinggi TNI-Polri tersebut mendapatkan kenaikan pangkat dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kepala Negara akan menerbitkan Keputusan Presiden (Keppres) terkait naiknya jabatan mereka.

Baik Gatot maupun Listyo saat ini merupakan jenderal bintang dua. Dengan kenaikan pangkat, mereka akan menyandang bintang tiga sebagai Komisaris Jenderal Polisi.

"Pertemuan menyambut kenaikan pangkat, satu tingkat perwira tinggi TNI-Polri," kata Juru Bicara Kepresidenan Fadjroel Rachman dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga:

Moeldoko Bantah Irjen Nana Sudjana Diangkat Jadi Kapolda Metro Jaya Karena 'Geng Solo'

Gatot dan Listyo belum lama menempati jabatan baru mereka. Gatot baru menjabat sebagai Wakapolri pada 20 Desember 2019. Sedangkan Listyo resmi dilantik sebagai Kabareskrim pada 16 Desember 2019

Jokowi dalam kesempatan tersebut berpesan agar 38 perwira tinggi TNI-Polri itu tetap meningkatkan profesional dan kapabilitas. Terlebih dalam menghadapi era disrupsi teknologi saat ini perwira tinggi TNI-Polri harus mampu menguasai teknologi mutakhir yang ada.

"Untuk menghadapi zaman baru revolusi 4.0," pungkas Fadjroel.(Knu)

Baca Juga:

Irjen Gatot Eddy Ditunjuk Jadi Wakapolri karena Jokowi Menang di Jakarta saat Pilpres 2019?

#Kapolda Metro Jaya #Polri #Kabareskrim Polri
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan