Dapat Gelar Doktor Kehormatan, Megawati Terkenang Bung Karno

Luhung SaptoLuhung Sapto - Rabu, 25 Mei 2016
Dapat Gelar Doktor Kehormatan, Megawati Terkenang Bung Karno
Presiden RI ke-V Megawati Soekarnoputri saat menerima Gelar Doktor Honoris Causa di Universitas Padjajaran Bandung, Rabu (25/5). (Unpad.ac.id)

MerahPutih Nasional - Presiden RI ke-V Megawati Soekarnoputri mendapatkan gelar Doktor Honoris Causa dalam bidang Ilmu Politik dan Pemerintahan dari Universitas Padjajaran Bandung. Megawati terkenang dengan Bung Karno saat tersebut menerima gelar Doktor Honoris Causa juga di tempat yang sama. 

"Pada tanggal 23 Desember 1964, Bung Karno juga dianugerahi gelar Doktor Honoris Causa dalam Ilmu Sejarah dari Universitas Padjadjaran gelar Honoris Causa ke-25. Sejarah sangat penting bagi perjalanan suatu bangsa. Tentu kita semua ingat kata-kata yang disampaikan Bung Karno "Jas Merah: Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah! Never Leave History"," kata Megawati dalam pidato Orasi ilmiah yang diberi judul 'Bernegara dengan Satu Keyakinan Ideologi' di Graha Sanusi Hardjadinata Universitas Padjadjaran Bandung, Rabu (25/5).

Megawati menambahkan, pada saat menerima gelar Doktor Honoris Causa tersebut, dalam orasi ilmiahnya, Bung Karno mengutip pemikiran sejarawan lnggris Sir John Seeley, penulis buku "The Expansion of England."

"...kita harus mempelajari sejarah agar supaya kita bijaksana lebih dahulu. Agar supaya kita tahu ke mana kita harus berjalan. Orang yang tidak mempelajari atau mengambil pelajaran dari sejarah sebetulnya orang yang tidak bijaksana, orang yang tidak mengetahui, orang yang tidak mengetahui arah, orang yang tidak mengetahui tujuan," kata Megawati mengulang pidato Bung Karno.  

Megawati masuk kuliah di Fakultas Pertanian Universitas Padjajaran Bandung pada tahun 1965-1967. Namun, pendidikannya tidak selesai karena situasi politik saat itu. 

BACA JUGA:

  1. Bupati Puwakarta Nilai Megawati Layak Dapat Gelar Doktor HC
  2. Megawati Akui Masuk Fakultas Pertanian Karena Dipaksa Bung Karno
  3. Megawati Dorong Unpad Jadi Pelopor Pusat Studi Pemikiran Bung Karno
  4. Potret Keakraban Yusril Ihza Mahendra dan Megawati di Universitas Padjadjaran
  5. Besok, Unpad Anugerahkan Doktor Honoris Causa kepada Megawati
#Bandung #Universitas Padjadjaran #Doktor Honoris Causa #Bung Karno #Megawati Soekarnoputri
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan