Dante Saksono Harbuwono, Wamenkes yang Juga Pakar Diabetes dan Biomelekur

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 23 Desember 2020
Dante Saksono Harbuwono, Wamenkes yang Juga Pakar Diabetes dan Biomelekur
dr Dante Saksono Harbuwono. Foto: Istimewa

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik dr Dante Saksono Harbuwono sebagai Wakil Menteri Kesehatan mendampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Lalu, seperti apa sosok dr Dante?

Baca Juga

Jokowi Pilih Menkes Bukan Dokter, Potensi Kisruh Internal Tinggi

Pria kelahiran Temanggung, 23 Maret 1973 ini, menamatkan pendidikan dokter umum di di Fakultas Kedokteran UI pada tahun 1997. Kemudian, Dante melanjutkan pendidikan spesialis penyakit dalam di UI dan lulus tahun 2004.

Selepas dari UI, ia memutuskan belajar di University of Yamanashi, Jepang. Dante mengambil spesialis Molecular Diabetes dan mendapatkan gelar PhD.

Menkes dan Wamenkes baru, Jakarta, Rabu (23/12/2020). (Humas Kemenkes)
Menkes dan Wamenkes baru, Jakarta, Rabu (23/12/2020). (Humas Kemenkes)

Dante salah satu anggota tim dokter kepresidenan Indonesia. Ia juga aktif di sejumlah organisasi seperti PAPDI (Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia), dan Kolegium Perkeni (Persatuan Endokrinologi Indonesia.

Dante juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Himpunan Studi Obesitas Indonesia (Hisobi) dan Komnas Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)

Selain itu, laki-laki berkacamata itu merupakan salah satu ahli diabetes pertama di Indonesia. Dante sebelumnya juga dipercaya sebagai Wakil Ketua, Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI)

Beberapa penghargaan juga pernah diterima komisaris PT Pertamina Bina Medika IHC ini, di antaranya Tajima Awards dari Epidemiologi Diabetes Japan pada tahun 2013 dan Takeda Science Foundation Awards dari Takeda Japan pada tahun 2013. (*)

Baca Juga

Pilih Menkes Bukan Dokter, Jokowi Dinilai Lakukan Langkah Extra Ordinary

#Reshuffle Kabinet #Breaking #Dr Dante Saksono Harbuwono
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan