Danau Toba Akan Dipagari Sejuta Pohon Presiden Jokowi saat penanaman pohon di sekitar Danau Toba, Sumatera Utara, Minggu (21/8). (Foto: Facebook/Presiden Joko Widodo)

MerahPutih Wisata - Pemerintah pusat tengah mengerahkan tenaga untuk membangun Danau Toba, Sumatera Utara menjadi destinasi wisata dunia. Pemerintah menekankan bahwa potensi danau vulkanik itu sangat besar menjadi kawasan wisata dunia.

Salah satu upaya pemerintah yaitu penghijuan di sekeliling Danau Toba. Pemerintah telah memprogramkan penanaman sejuta pohon yang langsung di bawah perintah Presiden Jokowi. Danau Toba "dipagari" sejuta pohon agar pada masa mendatang menjadi kawasan hijau.

"Menanam pohon di Kebun Raya Samosir dan di Parparean, Porsea. Sejuta pohon akan ditanam di sekeliling Danau Toba," kata Presiden Jokowi dalam keterangan foto di media sosial Facebook. Di pesisir Danau Toba itu, Presiden Jokowi melakukan penanaman pertama sebanyak 1.500 pohon bersama masyarakat Samosir.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa penanaman satu juta pohon ini berarti tumbuh besar satu juta pohon. Presiden mewanti-wanti apabila penanaman tidak diiringi dengan perawatan. 


Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Widodo saat penanaman pohon di sekitar Danau Toba, Sumatera Utara, Minggu (21/8). (Foto: Facebook/Presiden Joko Widodo)

Luas lahan penanaman kurang lebih 150 hektare. Kawasan tersebut diproyeksikan menjadi sebuah kebun raya di kawasan Danau Toba.

Keindahan Danau Toba sudah mendunia. Bukan hanya keindahan alam dan budayanya, danau vulkanik itu sangat bersejarah akibat letusan gunung purba 70 ribu tahun lalu. Keindahan itu pada masa mendatang akan hiasi pepohonan nan rimbu yang hari ini ditanam.

Lebih jauh, kawasan hijau sekitar Danau Toba bisa menjadi kawasan penelitian bagi generasi mendatang. “Ada buahnya, ada tanaman-tanaman, pohon-pohonnya, saya kira campur-campur dan salah satunya nanti akan menjadi sebuah tempat penelitian yang baik bagi kita,” kata Presiden Jokowi.

BACA JUGA:

  1. Kemeriahan Karnaval Danau Toba
  2. Daya Tarik Presiden Jokowi dalam Karnaval Danau Toba
  3. Anggunnya Presiden Jokowi dan Ibu Iriana di Karnaval Danau Toba
  4. Jokowi Hadiri Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba
  5. Karnaval Danau Toba Live Streaming Pukul 15.00 WIB

 



Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH