Sulawesi Tengah, Tanah Tadulako

Danau Poso, Bukti Kalau Pantai Tak Harus di Pinggir Laut

Muchammad YaniMuchammad Yani - Senin, 01 Oktober 2018
Danau Poso, Bukti Kalau Pantai  Tak Harus di Pinggir Laut
Nikmati angin semilir dan sunset di Danau Poso. (Foto: instagram@kurniawanbandjolu14's profile picture kurniawanbandjolu14)

KAMU pasti akan bingung saat mendengar danau memiliki pantai. Tapi di Poso, Sulawesi Tengah hal yang seakan tidak mungkin itu menjadi mungkin. Sebagai salah satu destinasi populer di Sulawesi Tengah, Danau Poso sangat unik karena memiliki pantai dengan pasir kuning keemasan.

Danau Poso adalah danau terluas ketiga di Indonesia setelah Danau Toba di Sumatera Utara dan Danau Singkarang di Sumatera Barat. Kamu akan mudah menemukan Danau Poso karena berada di rute jalur utama Gorontalo-Manado di bagian utara dan Toraja di bagian selatan.

Danau Poso punya pantai indah (Instagram/kurniawanbandjolu14's profile picture kurniawanbandjolu14)
Danau Poso punya pantai indah (Foto: instagram@kurniawanbandjolu14)

Jaraknya memang cukup jauh. Kamu harus menempuh perjalanan sejauh 285 kilometer atau selama 8 jam dari Kota Palu untuk sampai ke danau ini. Tapi kalau dari Kota Poso jaraknya lebih dekat lagi yakni sekitar 56 kilometer atau 1,5 jam perjalanan.

Berjemur di Pantai Siuri

Kamu bisa menikmati kuliner sambil mengagumi keindahan alam (Instagram/akashicvisions)
Kamu bisa menikmati kuliner sambil mengagumi keindahan alam (Foto: instagram@akashicvisions)

Seperti yang dijelaskan tadi, Danau Poso memiliki sebuah pantai dengan pasir lembut bernama Pantai Siuri. Menariknya gelombang di danau ini sangat mirip dengan gelombang laut. Kamu akan melihat deburan ombak yang membasahi pantai.

Bersantai di Pantai Siuri tentunya memberikan sensasi berbeda. Air di sana tak asin, namun semilir anginnya mirip saat kamu bermain ke pinggir laut. Kamu bisa bermain air tanpa harus takut terseret ombak besar. Saat berenang mata kamu tak akan perih karena memang air tawar.

Aktivitas lain

Kamu bisa bermain banana boat (Instagram/rachmanasnawi)
Ada fasilitas bermain air berupa banana boat. (Foto: instagram@rachmanasnawi)

Berbagai aktivitas lain juga bisa dilakukan di sana seperti bermain banana boat, memanggang ikan atau bermain voli pantai. Jika lapar jangan bingung. Di sekitar pantai terdapat aneka sajian kuliner. Makanan yang wajib kamu coba adalah olahan ikan sogili bakar.

Sunset di Danau Poso sangat indah. Jadi sebaiknya jika ingin meninggalkan tempat tersebut tunggu hingga matahari terbenam. Kamu bisa menikmati sunset dengan mencicipi kuliner di sana.

Penginapan

Danau Poso sangat populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara (Instagram/mayapenyami)
Danau Poso sangat populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara (Foto: instagram@mayapenyami)

Menikmati indahnya Danau Poso tak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Kamu hanya mengeluarkan uang beberapa ribu saja untuk tiket masuk. Jika ingin bermalam di sekitar pantai terdapat penginapan dan hotel. Harganya bervariatif tergantung fasilitas yang didapat.

Setelah puas bermain ke Danau Poso mungkin kamu bisa mengunjungi destinasi wisata lainnya seperti Watu Ngonggi atau bebatuan yang mengeluarkan bunyi saat dipukul. Selain itu setiap tahun Kota Tentena diadakan Fetival Danau Poso. (yani)

#Sulawesi Tengah, Tanah Tadulako
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan