Danau Kelimutu, Panorama Indah di Puncak Gunung Danau Kelimutu (Instagram/fiankh)

BAGI orang anak 90-an pasti ingat dengan tiga danau berwarna merah, hijau, dan biru di uang pecahan Rp 5.000. Ya, danau tersebut ialah Danau Kelimutu yang berada di Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Terletak di ketinggian 1.639 mdpl, Danau Kelimutu dari dulu hingga sekarang menjadi incaran para pelancong saat berwisata di Flores. Hal itu lantaran danau ini punya keunikannya sendiri yakni bisa berubah warna.

Uang Rp 5.000 (Sumber: ist)
Uang Rp 5.000 (Sumber: ist)

Danau Kelimutu sendiri adalah nama dari tiga danau yakni Tiwi Ata Mbupu, Tiwu Nuwa Muri Koo Fai, dan Tiwu Ata Polo. Dari tiga danau, Tiwu Ata Polo adalah yang paling serimg berubah warna yakni 44 kali sejak tahun 1915-2011.

Menurut para ilmuwan perubahan warna dari Danau Kelimutu disebabkan oleh gas gunung api. Namun ada juga yang berpendapat ketiga danau itu memiliki kandungan berbeda seperti zat besi dalam flurida yang menghasilkan warna merah. Sedangkan warna hijau dihasilkan karena biota alam seperti lumut.

Danau Kelimutu menyajikan keindahan yang luar biasa (Sumber : Instagram/hikemore_rantless)
Danau Kelimutu menyajikan keindahan yang luar biasa (Sumber : Instagram/hikemore_rantless)

Namun terlepas dari fakta warna ketiga danau, masyarakat di sana percaya kalau danau itu memiliki kaitannya dengan alam baka. Jika seseorang meninggal dalam keadaan tua namun sering berbuat baik maka ia akan dimasukan ke Tiwu Ata Mbupu.

Sedangkan kalau seorang meninggal dalam keadaan masih muda atau belum menikah dan sering berbuat baik, ia akan masuk ke Tiwu Nuwa Muri Koo Fai. Terahkir adalah dalau Tiwu Ata Polo yang diperuntukan bagi orang meninggal tua atau muda namun sering berbuat jahat atau tercela.

Danau Kelimutu menjadi incaran pelancong (Instagram/max_bajo's profile picture max_bajo)
Danau Kelimutu menjadi incaran pelancong (Instagram/max_bajo's profile picture max_bajo)

Perjalanan menuju danau ini memang cukup melelahkan. Hal itu lantaran posisinya yang berada di puncak Gunung Kelimutu. Kamu akan melewati jalur sedikit curam dengan udara yang semakin menipis.

Satu hal lain yang membuat pelancong tidak menyesal datang ke Danau Kelimutu adalah sunrise-nya. Bagi seorang fotografer tentu momen tersebut tak akan melewatkannya. Saking indahnya mungkin kamu akan merasa kalau matahari terbit di sana adalah sunrise paling indah di dunia.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH