PON XX Papua 2021

Dana Tambahan Rp 1,4 Triliun Buat PON Papua Segera Cair

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Selasa, 14 September 2021
Dana Tambahan Rp 1,4 Triliun Buat PON Papua Segera Cair
Stadion Lukan Enambe. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua bakal mendapatkan dana tambahan sebesar Rp 1,4 triliun. Dana tambahan ini ditargetkan bisa cair pada pekan ini.

"Anggaran tersebut sudah ada dan tinggal disalurkan. Namun dalam proses pencairan, semuanya harus tertib administrasi," ujar Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali di Jakarta, Senin (13/9).

Baca Juga:

PT Freeport Beri Bantuan Rp 15 miliar untuk PON Papua

Amali juga menegaskan bahwa dana tambahan tersebut tidak masuk dalam Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Kemenpora.

"Dana ini adalah permintaan tambahan dari Gubernur Papua yang disampaikan kepada Pak Presiden (Joko Widodo) dan sudah disetujui. Sebenarnya dananya itu sudah ada, tinggal mekanisme penyalurannya," kata Amali.

Ia berharap dengan tertib administrasi, supaya aman dan tidak ingin pada kemudian hari ada persoalan terkait dana tersebut.

Permintaan tambahan anggaran Rp 1,4 triliun itu bersumber langsung dari PB PON. Rencananya, dana tambahan itu akan dialokasikan untuk akomodasi kontingen, transportasi, konsumsi dan tambahan kegiatan lainnya.

Meski dana tambahan tersebut belum cair, Menpora memastikan Panitia Besar (PB) PON tetap melaksanakan persiapan untuk menyukseskan pesta olahraga empat tahunan tersebut.

"Atas dasar kehati-hatian ini, semoga pekan ini semua sudah cair. Tetapi teman-teman di sana sudah mengantisipasi untuk melakukan persiapan-persiapan dan tidak menjadikan ini hambatan," ujar Amali.

Sebelumnya, anggaran untuk PON Papua yang dialokasikan melalui Kemenpora, di antaranya untuk pengadaan peralatan, penyelenggaraan acara dan lain-lain itu sudah berjalan. Bahkan, peralatan-peralatan sudah ada yang tiba di Papua dan sebagian sudah dilakukan serah terima.

PON Papua
PON Papua. (Foto: Antara)

"Kami juga memastikan sebelum kegiatan dimulai, semua sudah siap, dan itu yang benar-benar masuk dalam DIPA Kemenpora," tutur Amali.

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Marciano Norman menyampaikan, dana tambahan yang belum cair tidak akan menjadi hambatan PB PON untuk tetap melakukan persiapan.

"Hari ini, berlangsung bimbingan teknis untuk tiap cabang olahraga dan berlangsung tes event untuk sofbol dan bisbol di Jayapura. Semua kegiatan tetap berjalan sambil menunggu anggaran tambahan tersebut," ungkap Marciano. (*)

Baca Juga:

Respons Menpora Ada 'Sepakbola Kungfu' di Laga AHHA PS Pati Kontra Persiraja

#PON Papua #Pekan Olahraga Nasional #KONI #Kemenpora
Bagikan
Bagikan