Fortiber Kumpulkan Dana Abadi untuk Aksi Sosial Kemasyarakatan Ketua Umum Fortiber. (MP/Arie Prijono)

MerahPutih.com - Forum Tionghoa Indonesia Bersatu (Fortiber) bukan hanya sekedar wadah berkumpulnya etnis Tionghoa saja namun juga memiliki visi dan misi untuk aksi sosial kemasyarakatan terutama meningkatkan taraf hidup rakyat Indonesia .

Pernyataan ini disampaikan oleh Ketua Umum Fortiber, Anda Hakim, saat berkunjung ke kantor MerahPutih.com di Gading Serpong, Tangerang, Banten, Senin (16/10).

"Tujuan didirikannya Fortiber adalah untuk mensejahterahkan rakyat Indonesia dan ingin menjaga potensi yang ada di tanah air," kata Anda Hakim.

Selain mengunjungi media, Fortiber juga rutin mengadakan pertemuan sebulan sekali. Dari hasil kopi darat tersebut, organisasi yang didirikan pada 28 Agustus 2016 ini telah banyak melakukan aksi nyata untuk kesejahteraan masyarakat.

"Kami selalu mengadakan bakti sosial seperti membantu para jompo dan anak yatim," ujarnya.

Anda juga menjelaskan bahwa ke depannya, Fortiber bakal mengumpulkan dana abadi. Di mana nanti hasil dari dana tersebut dibagikan kepada masyarakat indonesia.

"Kami memiliki program masa panjang dengan nama dana abadi, dimana 0,6 persen dari bunga dana itu akan kita serahkan kepada masyarakat yang membutuhkan," pungkasnya.

Anda Hakim menargetkan dana abadi dari anggota Fortiber sebesar Rp 20 miliar. Saat ini, dana abadi tersebut sudah terkumpul sekitar ratusan juta.

Bila target dana abadi tercapai, Fortiber akan mengambil sekitar 0,6 persen atau Rp 120 juta untuk digunakan sebagai kegiatan sosial kemasyarakatan.

"Kita ingin mulai dari apa yang kita punya, jika itu memang sudah jalannya, kita percaya akan diridhoiNYA, "terang Anda Hakim.

Meski demikian terkait sumbangan nyata dalam bentuk nominal, Anda enggan mengungkapkannya secara gamblang, sebab semua anggota Fortiber tak mau terjebak dalam ke-riya-an.

"Ada nasihat bijak, apa yang diperbuat tangan kanan, tangan kiri tidak boleh mengetahuinya. Jadi, setiap kebaikan biarkan itu jadi tanggung jawab kita terhadap sang pencipta, "pungkas Anda Hakim.(*)



Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH