Dampak PSBB, Pemudik ke Yogyakarta Menurun

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 16 April 2020
Dampak PSBB, Pemudik ke Yogyakarta Menurun
Stasiun Tugu, Yogyakarta. Foto: MP/Teresa Ika

MerahPutih.com - Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Jabodetabek dan Jawa barat menyebabkan pemudik yang masuk ke Jogjakarta menurun. Penurunan ini terpantau dari berkurangnya jumlah pendatang atau penumpang di sejumlah terminal bus.

Kepala UPT Terminal Giwangan, Bekti Zunanta menjelaskan penurunan terjadi sejak hari pertama penerapan PSBB yakni Jumat (10/4)

Baca Juga

Polda Jateng Bagikan Sembako Buat Ojol dan Pengayuh Becak Terdampak COVID-19

"Pada hari itu total penumpang yang turun di sini ga sampai seratus orang. Biasanya mencapai ratusan orang sehari. Begitu juga hari-hari berikutnya," jelas Bekti di Yogyakarta, Rabu (15/4).

Ia memprediksi penurunan ini terjadi dalam waktu lama. Apalagi semakin banyak daerah yang menetap kan PSBB.

Terminal Giwangan
Terminal Giwangan. Foto: MP/Teresa Ika

Terminal Giwangan sudah menerapkan protokol ketat untuk mencegah penyebaran virus corona. Salah satunya dengan mengecek suhu penumpang yang datang dan mendata tempat tinggal dan nomor telepon pemudik.

Kepala Dinas Perhubungan DIY Tavip Agus Rayanto membenarkan adanya penurunan pemudik yang datang di DIY.

"Yang jelas turun. Ini merujuk data yang saya peroleh dari beberapa terminal seperti di Jombor, Wates, Giwangan dan Wonosari,"kata Tavip

Penurunan juga terjadi imbas dari pengurangan perjalanan kereta api dan pesawat terbang yang dilakukan oleh PT KAI dan Angkasa Pura 1.

Baca Juga

Bulog Pastikan Stok Beras di Yogyakarta Cukup Hingga Juni 2020

Ke depan pihaknya akan melakukan pendataan pada kendaraan roda dua maupun roda empat yang masuk ke wilayah DIY. Dinas Perhubungan DIY telah mendirikan tposko pengecekan kendaraan di jalan masuk perbatasan Jogja dan Jawa Tengah. (*)

Berita ini merupakan laporan Teresa Ika, kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

#Stasiun Tugu #Yogyakarta
Bagikan
Bagikan