Teknologi
Dampak Pandemi, Pasar PC Mengalami Pertumbuhan Besar Pasar PC mengalami pertumbuhan yang cukup besar dalam 10 tahun terakhir ini. (Foto: pixabay/free-photos)

PC seharusnya mati 10 tahun yang lalu, tetapi baru saja mengalami pertumbuhan besar pertamanya dalam satu dekade.

Riset pasar firm Canalys melaporkan bahwa pengiriman PC mencapai 297 juta unit pada 2020, naik 11 persen secara impresif dari 2019.

Baca Juga:

Microsoft Hadirkan Komputer Canggih Untuk Lawan Virus Corona

IDC menempatkan tahun ini pada 302 juta pengiriman, naik 13,1 persen dari tahun ke tahun. Apa pun itu, jelas bahwa 2020 adalah tahun yang besar untuk PC dan pertumbuhan terbesar yang terlihat sejak 2010.

Pasar PC meningkat akibat pandemi, khususnya karena peraturan untuk bekerja dan belajar dari rumah. (Foto: pixabay/tookapic)

Pengiriman PC meningkat lantaran permintaan terkait pandemi virus Corona yang sedang berlangsung. Kendala pasokan mempersulit pembelian laptop baru di tengah tahun, dan permintaan terus berlanjut sepanjang 2020.

"Permintaan mendorong pasar PC maju dan semua tanda menunjukkan lonjakan ini masih harus dilakukan," kata Ryan Reith dari IDC seperti yang dikutip dari laman The Verge.

Work From Home (WFH) dan belajar online telah menjadi pendorong besar bagi pasar PC. Banyak orang juga beralih ke PC dan laptop untuk hiburan. "Penggerak yang jelas untuk pertumbuhan tahun lalu berpusat di sekitar pekerjaan dari rumah dan kebutuhan pembelajaran jarak jauh, tetapi kekuatan pasar konsumen tidak boleh diabaikan," tambah Reith.

Baca juga:

Netflix Akan Singkirkan Akun Pengguna Tak Aktif, Ini Tujuannya

Reith menambahkan IDC akan terus melihat PC game dan memantau penjualan pada titik tertinggi sepanjang masa. Menurutnya, perangkat berbasis Chrone bisa berkembang melampaui pendidikan ke konsumen.

Ada tanda-tanda lain sepanjang 2020 bahwa pengiriman PC melonjak. Microsoft menyatakan "PC sudah kembali" pada awal pandemi, dan perusahaan juga melihat lompatan besar dalam penggunaan Windows setelah melaporkan 1 miliar pengguna Windows 10.

Microsoft juga menyesuaikan paket Windows 10X-nya sebagai akibat dari pandemi dan meningkatnya permintaan PC. 10X awalnya seharusnya diluncurkan pada perangkat layar ganda. Tetapi Microsoft sekarang berencana untuk meluncurkan varian OS pada perangkat laptop layar tunggal terlebih dulu.

PC adalah pusat dari bagaimana perusahaan dengan cepat beralih ke digital atau memungkinkan pekerja untuk melanjutkan dari jarak jauh pada 2020.

"Transformasi digital yang telah dilakukan dunia selama setahun terakhir tidak tertandingi, dan PC adalah jantung dari perubahan ini," kata direktur riset Canalys Rushabh Doshi .

"Akan sangat sulit untuk menghapus PC seperti yang dilakukan beberapa dari kita beberapa tahun lalu. PC di sini untuk tinggal," tambahnya.

Pasar PC akan tetap berjaya. (Foto: pixabay/stratupstockphotos)

Rushabh Doshi menjelaskan dia sudah lama berpendapat bahwa tidak ada yang namanya era "pasca-PC", dan 2020 jelas membuktikan betapa berharganya laptop dan PC. Canalys dan IDC sama-sama sepakat bahwa Lenovo adalah vendor PC teratas pada 2020, diikuti oleh HP di tempat kedua, dan Dell di urutan ketiga.

Apple juga mengalami pertumbuhan yang mengesankan dengan pengirimannya naik 17 persen, atau setinggi 29 persen berdasarkan estimasi IDC.

Apple juga mengesankan pengulas dan pakar industri dengan chip M1 berbasis Arm yang baru. Ini menempatkan MacBook Air kembali di atas rekomendasi laptop, dan akan mengatur panggung untuk pertempuran prosesor laptop untuk tahun-tahun mendatang. (ryn)

Baca juga:

Sering Bekerja Terlalu Lama di Depan Komputer? Ini Tips Ampuh Cegah Mata Lelah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Logan Paul Kalungkan Kartu Pokemon Langka pada Debut WrestleMania
ShowBiz
Logan Paul Kalungkan Kartu Pokemon Langka pada Debut WrestleMania

Logan Paul tampil penuh gaya pada debutnya sebagai pegulat profesional.

Rayakan Ulang Tahun ke-55, Mercedes-AMG Rilis GT3 Edition 55
Fun
Para Perempuan Penyair dalam Sastra Indonesia
Fun
Para Perempuan Penyair dalam Sastra Indonesia

Empat nama penulis perempuan yang sudah malang melintang di dunia sastra.

Google Pixel 7a Mungkin akan Hadirkan Fitur Wireless Charging
Fun
Google Pixel 7a Mungkin akan Hadirkan Fitur Wireless Charging

Berbagai pembaruan akan dihadirkan Google untuk Pixel 7a.

'After Love EP' Tetap Berlanjut Meskipun Mohammad Fahmi Hasni Mangkat
Fun
Captain Tsubasa Rivals Hadirkan Fitur Blockchain dan NFT dalam Gim
Fun
Stres Membuat Pasangan jadi Tampak Lebih Menyebalkan
Hiburan & Gaya Hidup
Stres Membuat Pasangan jadi Tampak Lebih Menyebalkan

Pasangan biasanya lebih cenderung fokus pada perilaku positif dan mengabaikan perilaku negatif selama periode 'bulan madu'.

Album 'Her Loss' dari Drake dan 21 Savage Resmi Dirilis
ShowBiz
Album 'Her Loss' dari Drake dan 21 Savage Resmi Dirilis

album kolaborasi 21 Savage bersama rapper asal Kanada Drake 'Her Loss' resmi rilis.

3 Kunci Masak Sehat dan Mudah
Fun
3 Kunci Masak Sehat dan Mudah

Hasil olahan makanan akan sangat menyehatkan.

Google Street View hadir di Jakarta
Fun
Google Street View hadir di Jakarta

Google Street View adalah layanan pemetaan digital yang memungkinkan pengguna melihat sebuah lokasi tertentu.