Dampak Menakutkan bila Sering Menahan Pipis

Adinda NurrizkiAdinda Nurrizki - Rabu, 19 Agustus 2015
Dampak Menakutkan bila Sering Menahan Pipis
Istimewa

MerahPutih Kesehatan - Bila anda termasuk salah satu yang suka menahan pipis, lebih baik anda hentikan kebiasaan ini dari sekarang.

Pipis adalah proses di mana manusia membuang semua kotoran dan sisa-sisa pencernaan yang tak diperlukan tubuh. Anda bisa bayangkan jika semua sisa-sisa kotoran mengendap dalam tubuh anda.

Warna air pipis atau urin juga bisa menampakkan kondisi tubuh seseorang. Urin yang sehat berwarna cenderung bening. Namun jika urin anda berwarna kuning gelap, maka dipastikan ada yang salah dalam sistem pencernaan anda.

Sisa-sisa kotoran yang tidak terbuang bisa menyebabkan infeksi pada sebagian organ tubuh anda. Berikut adalah dampak menakutkan lainnya jika anda sering menahan pipis.

1. Mengganggu Sistem Pencernaan. Ketika seharusnya proses pencernaan selesai, proses pencernaan berikutnya akan terganggu jika anda menahan pipis.

2. Gagal ginjal. Menumpuknya urin akan menyebabkan ginjal rusak karena menampung terlalu lama. Jika ginjal anda rusak, tentu saja ginjal anda tidak bisa menyaring dan membuang kotoran lagi.

3. Batu Ginjal. Urin yang menumpuk akn menggumpal dan mengalami pengerasan jika mengandung kristal-kristal garam. Jika anda mengalami batu ginjal, anda akan merasakan sakit dan perih saat membuang air kecil, rasa nyeri di ulu hati, dan sulit membuang air kecil.

4. Berpotensi Kanker. Menahan buang air kecil dapat meningkatkan potensi penyakit kanker seperti kanker prostat, serviks, dan rahim.

 

BACA JUGA:

Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan

Cara Tepat Mengatasi Nyeri Perut saat Menstruasi

Cara Mudah Mencegah Perut Kembung

#Buang Air Kecil
Bagikan
Ditulis Oleh

Adinda Nurrizki

Bagikan