Dampak Kurang Tidur Bagi Kecantikanmu Kurang tidur berdampak pada kecantikanmu (Sumber: Pixabay/cuncon)

APAKAH kamu pernah mendengar manfaat tidur untuk kecantikan? Itu bukanlah mitos belaka. Berdasarkan beberapa penelitian tidur yang nyenyak sangat mempengaruhi kecantikan seseorang, begitupun sebaliknya.

Dampak kurang tidur bagi kecantikan bukan hanya dilihat dari efek langsung seperti lelah, kantung mata membesar, dan lain-lain. Ia juga memiliki dampak jangka panjang pada kecantikanmu.

Baca juga: Memiliki Perut 'Six Pack' Secara Kilat Melalu Operasi, Adakah Risikonya?

Tidur yang cukup penting untuk meremajakan pikiran dan tubuh. Setelah tidur nyenyak, kulit akan terasa segar kembali. Sementara kurang tidur dapat memengaruhi penampilan kulit dan memicu berbagai masalah terkait kulit, seperti jerawat, kulit kering hingga alergi kulit.

Dilansir dari Boldsky, berikut ini dampak yang akan didapat ketika kurang tidur bagi kecantikanmu.

1. Kulit akan kusam

Kulit menjadi kusam (Sumber: Pixabay/ivanovgood)
Kulit menjadi kusam (Sumber: Pixabay/ivanovgood)

Kurang tidur menjadi penyebab meningkatnya kadar kortisol. Ia adalah hormon pemicu peradangan kulit dan membuatnya kusam. Oleh karena itu, ketika kamu kurang tidur, kulit kamu kehilangan cahayanya dan cenderung menjadi kusam dan kering.

2. Menimbulkan jerawat

Menimbulkan jerawat (Sumber: Pixabay/Kjerstin_Michaela)
Menimbulkan jerawat (Sumber: Pixabay/Kjerstin_Michaela)

Efek utama lain dari kurang tidur adalah dapat menyebabkan jerawat. Kurangnya tidur melemahkan sistem kekebalan tubuh. Pada akhirnya kulit kamu akan rentan terhadap bakteri penyebab jerawat. Selain itu, kurang tidur menyebabkan peningkatan peradangan kulit.

Baca juga: Ngidam Makanan Manis saat Stres, ini Alasannya

3. Membuat kulit lebih cepat tua

Membuat kulit lebih cepat tua (Sumber: Pixabay/analogicus)
Membuat kulit lebih cepat tua (Sumber: Pixabay/analogicus)

Tidur yang cukup sangat penting untuk meremajakan kulit dan menjaganya tetap sehat. Sementara kurang tidur mengurangi produksi kolagen di kulit. Pada akhirnya menyebabkan tanda-tanda penuaan kulit seperti garis-garis halus dan kerutan. Ia juga mengurangi fungsi sawar kulit dan dengan demikian mempercepat proses penuaan kulit.

4. Menyebabkan kulit kering

Kulit kering akan menghantuimu (Sumber: Pixabay/Gromovataya)
Kulit kering akan menghantuimu (Sumber: Pixabay/Gromovataya)

Saat kamu tidur, tubuh akan meremajakan dirinya dan meningkatkan hidrasi. Sebaliknya, jika kamu kurang tidur hal tersebut akan membuat kulitmu kering dan berbagai masalah lain dengan memiliki kulit seperti itu.

Baca juga: Kelapa dapat Mengecilkan Ukuran Pinggang?

5. Menjadi gemuk

Akan membuatmu menjadi gemuk (Sumber: Pixabay/cocoparisienne)
Akan membuatmu menjadi gemuk (Sumber: Pixabay/cocoparisienne)

Ini mungkin terdengar aneh bagi kamu, tetapi hal tersebut adalah kenyataan. Penelitian telah menunjukkan bahwa kurang tidur memengaruhi berat badan dan menyebabkan obesitas. Saat kurang tidur kamu akan merasa lebih lapar dan meningkatkan keinginan untuk mengonsumsi makanan manis.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH