Dalam Usia Ke-79, Mantan Atlet Sepeda Ini Pecahkan Rekor MURI Surabaya-Jakarta Tarwi saat star menuju Jakarta dari kawasan Universitas Negeri Surabaya. (Foto: MP/Istimewa)

MerahPutih.com - Tarwi, mantan atlet dan pelatih sepeda Indonesia yang sudah berusia ke-79 berniat pecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) di level pesepeda tua. Tarwi akan menempuh jarak 1.100 km Surabaya-Jakarta dengan.

Aksi Tarwi kali ini didukung penuh oleh Universitas Negeri Surabaya dan menjadi salah satu rangkaian kegiatan perayaan hari olahraga nasional bertajuk Tour de Java. Perjalanan itu bakal nakan memakan waktu selama satu minggu.

Bersamaan dengan HUT ke-79 Unesa, pemberangkatan Tour de Java berlangsung di depan Gedung Rektorat Unesa, Kamis (18/09).

Baca Juga:

Salah Satu Pesepeda Viral yang Masuk Tol Minta Maaf, Ngaku Capek dan Bingung

Sebelumnya, Unesa memberikan kesempatan untuk melihat kesiapan fisik Tarwi di SSFC (Sport Science Fitness Center). Hasil tes menunjukkan kondisi tubuh Tarwi siap memecahkan rekor tersebut.

Acara pemberangkatan ini juga dihadiri oleh Rektor Unesa Nurhasan, Dekan Fakultas Ilmu Olahraga Setiyo Hartoto, perwakilan KONI, mitra pendukung dan perwakilan komunitas sepeda Surabaya.

“Kami bangga bisa membantu kegiatan ini. Ini sebuah keteladanan tentang usaha menjaga kesehatan di usia berapa pun ” terang Nurhasan, selaku Rektor UNESA.

Tarwi saat di tengah perjalanan menempuh rute Surabaya - Jakarta, Kamis (17/09). (Foto: MP/Istimewa)
Tarwi saat di tengah perjalanan menempuh rute Surabaya - Jakarta, Kamis (17/09). (Foto: MP/Istimewa)

Ia menambahkan, ini bentuk komitmen Unesa mendukung Menteri Pemuda dan Olahraga terlait pentingnya peranan sport science dalam pengembangan dan kemajuan olahraga di Indonesia.

“Laboratorium sport science Unesa akan terus kami coba kembangkan, semoga ini bisa mendukung pencapaian prestasi anak bangsa”, tandas Nurhasan.

Sementara itu, Hijrin Fithroni, wakil ketua panitia menyampaikan, penyelenggara sebelumnya sudah melakukan observasi, persiapan dan merancang perjalanan rute aman dan sesuai dengan protokol kesehatan. Tarwi berangkat dengan sejumlah pengawalan dari tim khusus.

“Kami (tim Unesa) siap mengawal hingga perbatasan Surabaya-Gresik dengan mempersiapkan alat bantu pernafasan, P3K dan gelang pendeteksi detak jantung,” tandas Hijrin.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA] Rencana Anies Bolehkan Sepeda Masuk Tol Disetujui

Upaya mencapai rekor bersepeda pada rute Surabaya – Jakarta di usia yang ke-79 mengusung makna filosofis bagi Tarwi. Ia berkeinginan agar generasi muda terus bersemangat.

“Tujuan kami bersepeda ini ingin membangkitkan semangat generasi muda. Sehingga nantinya mereka mampu menorehkan prestasi yang setinggi-tingginya di tingkat dunia,” tutur Tarwi.

Sekedar informasi, Tarwi merupakan atlet bersepeda dari tahun 1962 hingga 1989. Ia berhasil menyanet banyak penghargaan, di antaranya peraih emas di Games of The New Emerging Forces. (Andika Eldon/Jawa Timur)

Baca Juga:

Polisi Selidiki Rombongan Pesepeda Nekat Terobos Tol Jagorawi


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH